-->

Perangkat Penjas; RPP Bola Basket Kelas X SMK/SMA

RPP Bola Basket; Pembuatan RPP atau rencana pembelajaran merupakan suatu hal yang "wajib" bagi setiap guru sebelum melaksanakan tugasnya mengajar di depan kelas. Seperti halnya kita, Guru Penjas SMK/SMA seyogyanya sebelum mengajar suatu materi, kita mempersiapkan terlebih dahulu skenario pembelajarannya yag dituangkan dalam RPP, Seperti RPP Bola Basket yang akan diunggah oleh admin www.perangkatpenjas.com untuk kawan-kawan semua.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


(RPP)

 

Satuan Pendidikan  : SMK N/S
Mata Pelajaran        : PJOK
Kelas /Semester      : X/Genap
Materi                      : Permainan Bola Basket
Alokasi Waktu         : 6 JP ( 3 Pertemuan)

A.   Kompetensi Inti

Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial (rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin dan kerjasama) dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
KI3:    Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
KI4:    Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

B.   Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar dari KI 3
Kompetensi Dasar dari KI 4
3. 10    Menganalisis teknik dasar salah satu aktifitas olahraga permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik
4.10       Mempraktikan teknik dasar salah satu aktifitas olahraga permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik
Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.11.1   Menganalisis variasi keterampilan gerak dalam permainan bolabasket dengan teknik melempar, menangkap, menggiring, menembak, dan lay up.
3.11.2   Menganalisis kombinasi keterampilan gerak permainan bolabasket dengan teknik melempar, menangkap, menggiring, menembak, dan lay up.
3.11.3   Menganalisis bermain bolabasket menggunakan setengah lapangan basket
3.11.4   Menemukan hubungan keterampilan gerak.
3.11.5   Menganalisis keterampilan gerak permainan bola besar melalui permainan bola basket
4.10.1   Menerapkan   berbagai  keterampilan   gerak  permainan   bola  besar melalui permainan  bolabasket dalam bermain  secara beregu dengan menunjukkan sikap kerjasama, disiplin, dan sportifitas.
4.10.2   Mempraktikkan keterampilan analisis permainan bola besar melalui permainan bola basket dengan teknik melempar, menangkap, menggiring, menembak, dan lay up.


C.   Tujuan Pembelajaran

Melalui  kegiatan  pembelajaran dengan menggunakan model demontrasi dengan pendekatan saintifik, peserta didik dapat menganalisis keterampilan Bolabasket  untuk menghasilkan gerak yang efektif, serta peserta didik dapat mempraktikkan hasil analisis keterampilan Bolabasket  untuk menghasilkan gerak yang efektif, dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin dan kerjasama selama proses pembelajaran.

D.   Materi Pembelajaran

Praktik:
Keterampilan permainan Bola Basket:
1.    Keterampilan gerak mengoper bola
a.    Mengoper bola setinggi dada
b.    Mengoper bola dengan pantulan
c.    Mengoper bola dengan satu tangan
2.    Keterampilan gerak menggiring bola
3.    Keterampilan gerak menenmbak bola ke ring/keranjang
a.    Menembak bola dengan satu tangan
b.    Menembak bola dengan dua tangan dan loncatan sambil meloncat
c.    Lay-up


E.    Metode /Model Pembelajaran

·         Pendekatan     :  Scientific Learning
·         Metode            : diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
·         Model              : resiprokal

F.    Media pembelajaran

1.    Media

-          Gambar          : Gerakan teknik dalam permainan Bola basket

2.    Alat dan Bahan

Alat yang dapat digunakan adalah sebagai berikut:
-          Ruang terbuka yang datar dan aman/lapangan.
-          Bola basket.
-          Cone/corong ± 20 buah.
-          Stopwatch.
-          Peluit

G.     Sumber Belajar

1.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Teks Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas X Jakarta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Teks Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas X Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
3.      internet,
4.      Sumber lain yang relevan

H.     Kegiatan Pembelajaran


Materi kegiatan
Uraian Kegiatan
Waktu
a.    Pendahuluan
-          Berbaris, berdoa, presensi, dan apersepsi dengan Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya.
-          Memberikan motivasi dan menjelaskan indikator pencapaian Kompetensi yang akan di capai.
-          Pengkondisian fisik, mental, untuk mengikuti pembelajaran.
Tentative
b.    Kegiatan Inti
Critical Thinking / literasi


-          Peserta didik melakukan pengamatan gambar teknik teknik bolabasket  secara berkelompok tentang keterampilan gerak dasar permainan bola basket
Collaboration/Critical Thinking
 


-          Berdiskusi dengan rekan sekelompok berkenaan dengan tayangan tentang teknik dasar bolabasket , dan bertanya kepada guru seandainya ada yang tidak dipahami;
-         Melakukan gerakan latihan keterampilan melempar, menangkap dan menggiring berpasangan dalam kelompoknya;
-         Peserta didik yang bertugas sebagai pengamat merekam keterampilan gerak, dan mencatat beberapa hal untuk dijadikan masukan bagi pasangannya
Collaboration/Critical Thinking
 


-       Berdiskusi dengan pasangannya tentang gerakan melempar, menangkap dan menggiring bola yang telah dilakukan dan meminta masukan kepada guru seandainya masih ada gerakan yang tidak dipahami;
-       Mengulangi gerakan dasar bolabasket sesuai dengan saran perbaikan dari pasangannnya ataupun berdasarkan saran perbaikan dari guru;
Creativity/Literasi
 


-       Membuat kesimpulan sementara melempar, menangkap dan menggiring bola yang sudah dilakukan;
Communication/creativity
 


-       Tes praktik keterampilan permainan bolabasket  meliputi cara melempar, menangkap dan menggiring bola;
-       Pendinginan
Tentative
c.    Penutup
-       Melakukan penilaian (tes lisan ) untuk mengetahui tingkat ketercapaian indikator;
-       Memfasilitasi dalam menemukan kesimpulan tentang melempar, menangkap dan menggiring bola basket:
-       Menginformasikan kepada peserta didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya;
-       Berdo’a dan memberi salam.
Tentative


I.      Penilaian, Pembelajaran Remedial, dan Pengayaan


1. Teknik Penilaian:
-       Penilaian Sikap                   :           Observasi/pengamatan
-       Penilaian Pengetahuan      :           Tes Lisan
-       Penilaian Keterampilan      :           Praktik

2. Bentuk Penilaian                    

-       Observasi                           :           lembar pengamatan aktivitas peserta didik
-       Tes Lisan                            :           uraian/ pertanyaan
-       Unjuk kerja                         :           lembar penilaian praktik

3.    Instrumen Penilaian (terlampir)  
4.    Remedial

§  Pembelajaran remedial akan dilaksanakan apabila nilai peserta didik tidak memenuhi KKM yang ada dan bisa dilaksanakan pada saat KBM berlangsung atau bisa juga diluar jam pelajaran tergantung jumlah siswa

5.    Pengayaan

§  Peserta didik yang telah mencapai diatas KKM, diberikan pengayaan dengan langkah sebagai berikut:
§  Peserta didik yang mencapai nilai  diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
§  Siwa yang mencapai nilai  diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.




…………….., Juli …..
Mengetahui
Kepala SMKN/S                                                                      Guru Mapel PJOK



…………………….                                                                 ……………………..
                                                           


Demikian postingan tentang RPP Bola Basket, unyuk mempermudah copy pastenya, www.perangkatpenjas.com akan memposting lampiran RPP Bola Basket secara terpisah.
Salam hormat, Abmin www.perangkatpenjas.com

0 Response to "Perangkat Penjas; RPP Bola Basket Kelas X SMK/SMA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel