-->

Perangkat Penjas; Indikator KD Senam dan Renang Penjas SMK/SMA


           PENETAPAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Satuan Pendidikan   : SMK.........................
Mata Pelajaran         : PJOK
Kelas /Semester       : X/Genap
Kompetensi Dasar    : Senam (Lantai dan Ritmik) dan Renang


Kompetensi Inti

Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial (rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin dan kerjasama) dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
KI3:    Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
KI4:  Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung


No
Kompetensi Dasar
Indikator
ASPEK/RANAH
Pengetahuan
(Kognitif)
Sikap
(Affective)
Ketrampilan
(Psikomotorik)

Senam lantai



3.14 Menganalisis keterampilan rangkaian gerak dasar aktifitas olahraga senam untuk menghasilkan koordinasi yang baik
3.15.1    Menganalisis keterampilan gerak lompat jongkok dan lompat kangkang
3.15.2       Menganalisis keterampilan guling ke depan
3.15.3       Menganalisis keterampilan kombinasi lompat jongkok dan guling ke depan
3.15.4       Menganalisis keterampilan kombinasi gerakan lompat kangkang dan lompat jongkok
3.15.5       Menganalisis keterampilan kombinasi gerak lompat kangkang lompat jongkok dan guling ke depan








4.14 Mempraktikan keterampilan rangkaian gerak dasar aktifitas olahraga senam lantai untuk menghasilkan koordinasi yang baik
4.15.1   Mempraktikkan rangkaian keterampilan lompat jongkok dan lompat kangkang
4.15.2     Memperagakan keterampilan guling ke depan
4.15.3     Memperagakan keterampilan kombinasi lompat jongkok dan guling ke depan
4.15.4     Memperagakan keterampilan kombinasi gerakan lompat kangkang dan lompat jongkok
4.15.5     Memperagakan keterampilan kombinasi gerak lompat kangkang lompat jongkok dan guling ke depan






Gerak ritmik



3.15 Menerapkan keterampilan gerak rangkaian aktifitas  olahraga senam ritmik untuk menghasilkan koordinasi yang baik
3.16.1    Menganalisis variasi gerak ritmik langkah kaki dan ayunan lengan
3.16.2    Menganalisis kombinasi rang- kaian gerak ritmik ayunan lengan dan gerak langkah








4.15  Mempraktikan hasil analisis gerakan rangkaian aktifitas  olahraga senam ritmik untuk menghasilkan koordinasi yang baik
4.16.1    Mempraktikkan variasi gerak ritmik langkah kaki dan ayunan lengan
4.16.2    Mempraktikkan kombinasi rangkaian gerak ritmik ayu- nan lengan dan gerak langkah






Renang



3.16 Menganalisis keterampilan salah satu gaya renang pada aktifitas olahraga air*
3.17.1    Menganalisis keterampilan gera- kan kaki dan ayunan lengan renang gaya bebas
3.17.2    Menganalisis keterampilan pengambilan nafas renang gaya bebas
3.17.3    Menganalisis keterampilan koordinasi gerakan renang gaya bebas
3.17.4    Menganalisis keterampilan gerakan kaki renang gaya pung- gung
3.17.5    Menganalisis keterampilan ayunan lengan renang gaya punggung
3.17.6    Menganalisis keterampilan pengambilan nafas renang gaya punggung
3.17.7    Menganalisis keterampilan koordinasi gerakan renang gaya punggung
3.17.8    Menganalisis keterampilan gerakan kaki renang gaya dada
3.17.9    Menganalisis keterampilan ayunan lengan renang gaya dada
3.17.10Menganalisis keterampilan pengambilan nafas renang gaya dada
3.17.11Menganalisis keterampilan koordinasi gerakan renang gaya dada








4.16 Mempraktikan keterampilan salah satu gaya renang pada aktifitas olahraga air*
4.17.1    Mempraktikkan keterampilan gerakan kaki dan ayunan lengan renang gaya bebas
4.17.2    Mempraktikkan keterampilan pengambilan nafas renang gaya bebas
4.17.3    Mempraktikkan keterampilan koordinasi gerakan renang gaya bebas
4.17.4    Mempraktikkan keterampilan gerakan kaki renang gaya punggung
4.17.5    Mempraktikkan keterampilan ayunan lengan renang gaya punggung
4.17.6    Mempraktikkan keterampilan pengambilan nafas renang gaya punggung
4.17.7    Mempraktikkan keterampilan koordinasi gerakan renang gaya punggung
4.17.8    Mempraktikkan keterampilan gerakan kaki renang gaya dada
4.17.9    Mempraktikkan keterampilan ayunan lengan renang gaya dada
4.17.10Mempraktikkan keterampilan pengambilan nafas renang gaya dada
4.17.11Mempraktikkan keterampilan koordinasi gerakan renang gaya dada








0 Response to "Perangkat Penjas; Indikator KD Senam dan Renang Penjas SMK/SMA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel