Perangkat Penjas; Indikator KD Senam dan Renang Penjas SMK/SMA
PENETAPAN
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Mata Pelajaran : PJOK
Kelas /Semester : X/Genap
Kompetensi Inti |
Kompetensi Sikap
Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial (rasa ingin tahu, tanggung jawab,
displin dan kerjasama) dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
|
KI3: Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan
faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang
dan lingkup kajian Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari
keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan
internasional
|
KI4: Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Pendidikan Jasmani, Olahraga
dan Kesehatan Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan
kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif,
produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir,
menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di
bawah pengawasan langsung
|
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
ASPEK/RANAH
|
||
Pengetahuan
(Kognitif)
|
Sikap
(Affective)
|
Ketrampilan
(Psikomotorik)
|
|||
Senam lantai |
|||||
|
3.14 Menganalisis keterampilan rangkaian gerak dasar aktifitas olahraga senam
untuk menghasilkan koordinasi yang baik
|
3.15.1
Menganalisis keterampilan gerak lompat jongkok dan lompat kangkang
3.15.2
Menganalisis keterampilan guling ke depan
3.15.3
Menganalisis keterampilan kombinasi lompat jongkok dan guling ke
depan
3.15.4
Menganalisis keterampilan kombinasi gerakan lompat kangkang dan
lompat jongkok
3.15.5
Menganalisis keterampilan kombinasi gerak lompat kangkang lompat
jongkok dan guling ke depan
|
|
|
|
|
4.14 Mempraktikan keterampilan rangkaian gerak dasar aktifitas olahraga senam
lantai untuk menghasilkan koordinasi yang baik
|
4.15.1 Mempraktikkan rangkaian keterampilan lompat jongkok dan lompat kangkang
4.15.2 Memperagakan keterampilan guling ke depan
4.15.3 Memperagakan keterampilan kombinasi lompat jongkok
dan guling ke depan
4.15.4 Memperagakan keterampilan kombinasi gerakan lompat
kangkang dan lompat jongkok
4.15.5 Memperagakan keterampilan kombinasi gerak lompat
kangkang lompat jongkok dan guling ke depan
|
|
|
|
Gerak ritmik |
|||||
|
3.15 Menerapkan keterampilan gerak rangkaian aktifitas olahraga senam ritmik untuk menghasilkan
koordinasi yang baik
|
3.16.1
Menganalisis
variasi gerak ritmik langkah kaki dan ayunan lengan
3.16.2 Menganalisis kombinasi rang- kaian gerak ritmik
ayunan lengan dan gerak langkah
|
|
|
|
|
4.15
Mempraktikan hasil
analisis gerakan rangkaian aktifitas
olahraga senam ritmik untuk menghasilkan koordinasi yang baik
|
4.16.1
Mempraktikkan
variasi gerak ritmik langkah kaki dan ayunan lengan
4.16.2 Mempraktikkan kombinasi rangkaian gerak ritmik
ayu- nan lengan dan gerak langkah
|
|
|
|
Renang |
|||||
|
3.16 Menganalisis keterampilan salah satu gaya renang pada aktifitas olahraga
air*
|
3.17.1
Menganalisis
keterampilan gera- kan kaki dan ayunan lengan renang gaya bebas
3.17.2
Menganalisis
keterampilan pengambilan nafas renang gaya bebas
3.17.3
Menganalisis
keterampilan koordinasi gerakan renang gaya bebas
3.17.4
Menganalisis
keterampilan gerakan kaki renang gaya pung- gung
3.17.5
Menganalisis
keterampilan ayunan lengan renang gaya punggung
3.17.6
Menganalisis
keterampilan pengambilan nafas renang gaya punggung
3.17.7
Menganalisis
keterampilan koordinasi gerakan renang gaya punggung
3.17.8
Menganalisis
keterampilan gerakan kaki renang gaya dada
3.17.9
Menganalisis
keterampilan ayunan lengan renang gaya dada
3.17.10Menganalisis keterampilan pengambilan nafas
renang gaya dada
3.17.11Menganalisis keterampilan koordinasi gerakan
renang gaya dada
|
|
|
|
|
4.16 Mempraktikan keterampilan salah satu gaya renang pada aktifitas olahraga
air*
|
4.17.1
Mempraktikkan
keterampilan gerakan kaki dan ayunan lengan renang gaya bebas
4.17.2
Mempraktikkan
keterampilan pengambilan nafas renang gaya bebas
4.17.3
Mempraktikkan
keterampilan koordinasi gerakan renang gaya bebas
4.17.4
Mempraktikkan
keterampilan gerakan kaki renang gaya punggung
4.17.5
Mempraktikkan
keterampilan ayunan lengan renang gaya punggung
4.17.6
Mempraktikkan
keterampilan pengambilan nafas renang gaya punggung
4.17.7
Mempraktikkan
keterampilan koordinasi gerakan renang gaya punggung
4.17.8
Mempraktikkan
keterampilan gerakan kaki renang gaya dada
4.17.9
Mempraktikkan
keterampilan ayunan lengan renang gaya dada
4.17.10Mempraktikkan keterampilan pengambilan nafas
renang gaya dada
4.17.11Mempraktikkan keterampilan koordinasi gerakan
renang gaya dada
|
|
|
|
0 Response to "Perangkat Penjas; Indikator KD Senam dan Renang Penjas SMK/SMA"
Post a Comment