-->

Supervisi Pendidikan dalam PJOK SMK

SUPERVISI DALAM PENJAS SMK


Supervisi dalam Penjas artinya adalah suatu proses supervise yang dilaksanakan dalam proses KBM Penjas. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan proses KBM dalam pembelajaran Penjas dengan harapan tercapainya tujuan pembelajaran dalam bidang pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.

A. Definisi Supervisi :

Menurut Adams dan Dickey sebagaimana dikutip oleh Juhri (2019:1), Supervisi adalah Suatu program yang terencana untuk memperbaiki pengajaran. Sedangkan menurut Boardman seperti di kutip Juhri (2019: 2), supervisi adalah suatu usaha menstimulasi, mengkoordinasi dan membimbing secara kontinu pertumbuhan guru-guru di sekolah baik secara individu maupun kolektif, agar lebih mengerti dan lebih efektif dalam mewujudkan seluruh fungsi pengajaran.

B. Tujuan Supervisi :

Olive dalam Juhri (2019:4) menyatakan bahwa tujuan Supervisi adalah :

1. Mengembangkan kurikulum yang sedang dilaksanakan di sekolah

2. Meningkatkan proses pembelajaran di sekolah

3. Mengembangkan seluruh staf di sekolah


C. Prinsip Supervisi :

Ada 4 prinsip dalam kegiatan supervise, yaitu :

1. Ilmiah (Scientific)

2. Demokratis

3. Kerja sama

4. Konstruktif dan Kreatif


D. Fungsi Supervisi :

Swearingen dalam Juhri (2019:6) menyatakan ada 8 fungsi supervise, yaitu :

1. Mengoordinasi semua usaha sekolah

2. Memperlengkapi kepemimpinan sekolah

3. Memperluas pengalaman guru-guru

4. Menstimulasi usaha-usaha yang kreatif

5. Memberikan fasilitas dan penilaian yang terus menerus

6. Menganalisis situasi pengajaran

7. Memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada setiap anggota staf

8. Memberikan wawasan yang lebih luas dan terintegrasi dalam merumuskan tujuan-tujuan pendidikan dan meningkatkan kemampuan mengajar guru-guru.



E. Peranan Supervisi Pendidikan

1. Peranan Supervisi :

a. untuk membantu (assisting),

b. memberikan support (supporting), dan

c. mengajak mengikutsertakan (sharing).


2. Peranan Supervisor :

a. Coordinator

b. Konsultan

c. Pemimpin kelompok, dan

d. Evaluator



F. Objek Supervisi Pendidikan

Olive dalam Juhri (2019:10) menuturkan bahwa objek atau sasaran supervise adalah :

1. Memperbaiki pengajaran

2. Mengembangkan kurikulum

3. Mengembangkan staf atau personel sekolah



G. Syarat Supervisor

Proses supervise akan berjalan maksimal atau sesuai dengan tujuan supervise jika supervisornya itu sendiri telah memiliki 5 persyaratan keterampilan di bawah ini :

1. Keterampilan alam hubungan-hubungan kemanusiaan

2. Keterampilan dalam proses kelompok

3. Keterampilan dalam kepemimpinan pendidikan

4. Keterampilan dalam mengatur personalia sekolah

5. Keterampilan dalam evaluasi

(Kimbel Wiles dalam Juhri (2019: 2)


Kesimpulannya adalah, kegiatan Supervisi yang dilakukan oleh seorang Supervisor dalam mata pelajaran PJOK bertujuan untuk meningkatkan proses kegiatan belajar mengajar Penjas. dalam supervisi tersebut, Supervisor akan memberikan stimulus kepada guru dalam mermuskan tujuan pembelajaran, memberikan bantaun keilmuan dalam menyusun materi beserta perangkat ukurnya (Penilaian kognitif dan psikomotor/praktek). 
inti dari supervisi dalam pembelajaran PJOK adalah meningkatkan kualitas pembelajaran danmemberikan pengalaman kepada guru PJOK dalam mencapai derajat guru PJOK professional.

semoga artikel ini bermanfaat, salam dari Admin www.perangkatpenjas.com

0 Response to "Supervisi Pendidikan dalam PJOK SMK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel