CONTOH PTK PENJAS /PJOK; Teknik Penulisan PTK BAB III
Penulisan PTK Penjas bab III, Pada BAB III PTK Penjas, peneliti biasanya menuliskan tentang bagai mana proses tersebut akan dilakukan, disini secara detail. Metode serta strategi penelitian yang akan digunakan dijabarkan secara jelas dalam bab III termasuk memasukan soal HOTS
Teknik Penulisan PTK BAB III
Uraikan secara detail apa saja kegiatan yang akan anda laksanakan. Dimulai dengan menjelaskan metode yang akan dipakai, cara pengumpulan data, cara penilaian data yang diperoleh dan lainnya.
Urutan Penulisan ISI BAB III
Di bawah akan dijelaskan penulisan bab III diambil dari PTK PENJAS PJOK Farid Pahurrahman yang telah dinilai oleh tim penilai di Kota Metro.
BAB III. METODE PENELITIAN
A. Objek Penelitian
Yang akan dijadikan objek penelitian ini adalah kelas X jurusan Agribisnis Perikanan atau biasa di singkat AP di SMK Negeri 4 Metro pada Tahun Pelajaran 2016/2017. Jumlah siswa pada kelas Agribisnis Perikanan adalah 12 siswa, dimana 9 siswa adalah putra dan 3 siswi putri.
B. Waktu dan Tempat Penelitian
a. Waktu PenelitianPenelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih 3 bulan. Kegiatan ini terbagi atas 6 pertemuan secara praktik dan 2 pertemuan lainnya dengan tes tulis. Sehingga total seluruh pertemuannya adalah 8 pertemuan.
b. Tempat Penelitian
Tempat pelaksanaan penelitian ini adalah di ruang kelas dan lapangan di sekitar SMK Negeri 4 Metro yang beralamat di Jalan Letjend. R Suprapto Margodadi Metro Selatan Kota Metro, Lampung.
C. Materi Penelitian
Penelitian ini difokuskan pada salah satu kompetensi dasar materi Penjas, yaitu materi kebugaran jasmani (Phyisical Fittness). Materi ini sendiri diberikan pada semester pertama kelas X sesuai dengan silabus dan program semester pelajaran Penjas kelas X.D. Jenis Penelitian
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Karena metode ini mengaitkan antara tugas guru dengan fungsinya, maka penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Hal ini sesuai dengan ungkapan Dani Maulana (2012) dalam bukunya Penelitian Tindakan Kelas halaman 15, Dani mengutip tulisan Hopkins (1993:9) yang menyebutkan bahwa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan jenis penelitian yang didalamnya guru melihat secara kritis praktek pembelajarannya di kelas dengan maksud untuk meningkatkan kualitas pembelajaran serta kualitas Pendidikan di sekolahnya.Hal ini sesuai dengan tujuan guru dalam melaksanakan penelitian ini yang bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran, terutama materi kebugaran jasmani.
E. Instrumen Penelitian
Penelitian ini menggunakan dua jenis instrument, yakni model angket, dan soal isian.a. Untuk mengetahui tingkat motivasi siswa, peneliti memberikan angket isian dengan Teknik penghitungan sebagai berikut :
- Total soal dalam angket ada 36 soal yang harus diisi dengan memilih 1/2/3/4/5
- Siswa harus memilih jawban secara jujur
Hasil respons akan dicatat oleh guru selaku peneliti. - Hal ini dengan menskor angka-angka sebagai berikut :
Jawaban no 2 : Tidak Setuju
Jawaban no 3 : ragu-ragu
Jawaban no 4 : setuju
Jawaban no 5 : sangat setuju
Tabel III.1
Instrumen Penilaian Motivasi Belajar Siswa
Mata Pelajaran : PJOK
Materi : Physical Fittnes / Kebugaran Jasmani
Tanggal pengisian : ……………………………………..
Hari : ……………………………………..
Petunjuk :
1. Berilah jawaban yang benar-benar cocok dengan pengetahuanmu
2. Tidak ada benar salah pda setiap jawabanmu
3. Pertimbangkan saat memilih jawaban, harus sesuai dengan hati dan pengetahuan masing-masing.
Keterangan Pilihan Jawaban :
Jawaban no 1 : Sangat Tidak Setuju
Jawaban no 2 : Tidak Setuju
Jawaban no 3 : ragu-ragu
Jawaban no 4 : setuju
Jawaban no 5 : sangat setuju
No
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
|
||||||
2.
|
||||||
3.
|
||||||
4.
|
||||||
5.
|
||||||
6.
|
||||||
..
|
||||||
…
|
||||||
…
|
||||||
…
|
||||||
36
|
Pada evaluasi materi ini siswa
akan menerima 10 soal essai dengan bobot point 10 pada setiap nomor soal.
Artinya jika siswa mampu menjawab 10 soal dengan benar maka skornya adalah 100.
Table III.2
Tabel
Evaluasi Hasil Belajar Siswa
Mata
Pelajaran : PJOK
Materi : Physical Fittnes /
Kebugaran Jasmani
Tanggal Evaluasi
: …………………………………………………………..
Hari : …………………………………………………………..
Petunjuk :
- Isilah
soal dibawah ini sesuai dengan pemahaman yang telah kamu terima.
-
Masing-masing nomor soal memiliki bobot skor 10.
No
|
Soal Uraian
|
Jawaban
|
Skor
|
1
|
|||
2
|
|||
3
|
|||
4
|
|||
5
|
|||
6
|
|||
7
|
|||
8
|
|||
9
|
|||
10
|
F. Indikator Keberhasilan Penelitian
Penelitian
ini akan dinyatakan berhasil, jika :
- Siswa Mampu memperoleh nilai evaluasi minimal 75 (KKM=75)
- Siswa mampu memiliki nilai sikap atau afektif dari quessioner minimal kategori semangat
- Secara klasikal, keberhasilan ketuntasan minimal 85% siswa yang mampu tuntas.
Demikian pemaparan tentang point point penting yang biasa di bahas dalam BAB III sebuah PTK , termasuk PTK PENJAS / PJOK, kami memang belum memaparkan secara telanjang isi PTK Penjasnya, melainkan kami paparkan secara bab per bab.
Dari admin www.perangkatpenjas.com mengucapkan terima kasih.
thaks
ReplyDeleteSip
ReplyDeleteSip
ReplyDelete