RPP PJOK SMK; RPP ATLETIK JALAN CEPAT KELAS X/Genap
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMK N/S
Mata
Pelajaran : Pendidikan Jasmani
Olah Raga dan Kesehatan
Kelas
/Semester : X/Genap
Tahun
pelajaran : 2017/2018
Tema : Atletik
Subtema : Jalan Cepat
Alokasi
Waktu : 2 JP ( 1 Pertemuan)
A.
Kompetensi Inti
Kompetensi Sikap Spiritual dan
Kompetensi Sikap Sosial (rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin dan
kerjasama) dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan
Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah
dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan
kondisi peserta didik.
|
KI3: Memahami,
menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasi tentang
pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan
metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada
tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
|
KI4: Melaksanakan
tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang
lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Menampilkan kinerja di bawah
bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja. Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif,
produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan
mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak
alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.12
Menganalisis salah satu keterampilan
aktifitas atletik untuk menghasilkan gerak yang efektif
|
3.12.1 Menganalisis variasi
keterampilan jalan cepat
3.12.2 Menganalisis kombinasi
keterampilan atletik jalan cepat
|
4.12
Mempraktikan salah satu keterampilan aktifitas atletik untuk
menghasilkan gerak yang efektif
|
4.12.1 Mempraktikkan
variasi keterampilan jalan cepat
4.12.2 Mempraktikkan keterampilan jalan
cepat
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan
pembelajaran dengan menggunakan model resiprokal dengan pendekatan saintifik,
peserta didik dapat menganalisis keterampilan jalan
cepat untuk menghasilkan gerak yang
efektif, Dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama
proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta
memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta
mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan
baik
D.
Materi
Pembelajaran
Praktik:
Tekhnik
Jalan Cepat
·
Cara melakukan Start jalan cepat dan saat berjalan cepat ( konseptual)
·
Teknik melakukan gerakan jalan
cepat sesuai dengan peraturan yang berlaku (
prosedural )
E.
Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan : Scientific Learning
2.
Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3.
Inclusive (cakupan).
4.
Demonstrasi.
5.
Part and whole (bagian dan keseluruhan).
6.
Resiprocal (timbal-balik).
F.
Media Pembelajaran
1.
Media LCD projector
2.
Laptop
3.
Bahan Tayang (slide power point)
4.
Stopwatch
5.
Peluit
6.
Bendera start/finish
G.
Sumber Belajar
1.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Teks Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Kelas X Jakarta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Teks Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Kelas X Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
3.
internet,
4.
Sumber lain yang relevan
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
1.
Pertemuan Ke-1 ( 2 x 45 menit )
|
Waktu
|
||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan
salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta
didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya,
v
Mengingatkan kembali materi
prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v
Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang:
Praktik:
Ø
Keterampilan Dasar Jalan Cepat
·
Teknik dasar awalan jalan cepat
·
Teknik gerakkan kaki jalan cepat
·
Sikap memasuki Garis Finish
v
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang
kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
||||||||||||
Kegiatan Inti
|
110
menit
|
||||||||||||
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
Guru :
|
15
menit
|
I.
Penilaian, Pembelajaran Remedial dan
Pengayaan
1. Teknik
Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1)
Tes
Tertulis
a)
Pilihan ganda
b)
Uraian/esai
2)
Tes
Lisan
b.
Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
·
Mempelajari buku teks dan
sumber lain tentang materi pokok
·
Menyimak tayangan/demo
tentang materi pokok
·
Menyelesaikan tugas yang
berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
·
Laporan tertulis individu/
kelompok
3) Produk,
2. Instrumen
Penilaian
·
Terlampir
3. PembelajaranRemedial
dan Pengayaan
a.
Remedial
v Remedial dapat diberikan
kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang
sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum
mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
v Guru memberi semangat
kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal).
Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM
(Kriterian Ketuntasan Minimal),
b. Pengayaan
v Pengayaan diberikan untuk
menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat
diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai
Kompetensi Dasar.
v Pengayaan dapat ditagihkan
atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
……………, 17 Juli 2017
Mengetahui
Kepala SMK N/S Guru
Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
0 Response to "RPP PJOK SMK; RPP ATLETIK JALAN CEPAT KELAS X/Genap"
Post a Comment