-->

KI KD Penjas SMK Kurikulum 2013 Revisi terbaru


KI KD Penjas terbaru adalah KI KD pelajaran Penjas yang ada pada kurikulum  2013 Revisi yang terbaru.


Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN


Biodata sekolah

BidangKeahlian         : SemuaBidangKeahlian
Program Keahlian      : Semua Program Keahlian
KompetensiKeahlian : Semua Kompetensi Keahlian
Mata Pelajaran            : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK)

Tujuan 

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Isi

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, danbudayasekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.



KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3.   Menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan  faktual,  konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Pendidikan  Jasmani,  Olahraga dan Kesehatan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas  yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara  efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan  pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan Pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.



KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI
WAKTU
3.1    Menerapkan Teknik dasar salah satu aktifitas olahraga permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik
4.1    Mempraktikan Teknik dasar salah satu aktifitas olahraga permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik
12
3.2    Menerapkan Teknik dasar salah satu aktifitas olahraga permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak
4.2    Mempraktikan Teknik dasar salah satu aktifitas olahraga permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak
10
3.3    Menerapkan  salah satu keterampilan aktifitas atletik untuk menghasilkan gerak yang efektif
4.3    Mempraktikan salah satu keterampilan aktifitas atletik untuk menghasilkan gerak yang efektif
8
3.4    Menerapkan salah satu keterampilan aktifitas olahraga beladiri untuk menghasilkan gerak yang efektif
4.4    Mempraktikan salah satu keterampilan aktifitas olahraga beladiri untuk menghasilkan gerak yang efektif
8
3.5    Menerapkan latihanpengukurankomponenkebugaranjasmaniuntukkesehatan (dayatahan, kekuatan, komposisitubuh, dankelenturan) menggunakaninstrumenterstandar
4.5    Mempraktikanlatihanpengukurankomponenkebugaranjasmaniuntukkesehatan (dayatahan, kekuatan, komposisitubuh, dankelenturan) menggunakaninstrumenterstandar
8
3.6    Menerapkan keterampilan rangkaiangerak dasar aktifitas olahraga senam untuk menghasilkan koordinasi yang baik
4.6    Mempraktikanketerampilan rangkaiangerak dasar aktifitas olahraga senam lantai untuk menghasilkan koordinasi yang baik
6
3.7    Menerapkan keterampilan gerakrangkaianaktifitasolahragasenamritmikuntuk menghasilkan koordinasi yang baik
4.7    Mempraktikanhasilanalisisgerakanrangkaianaktifitasolahragasenamritmikuntuk menghasilkan koordinasi yang baik
6
3.8    Menerapkan keterampilansalahsatugayarenangpadaaktifitasolahraga air*
4.8    Mempraktikanketerampilansalahsatugayarenangpadaaktifitasolahraga air*
8
3.9    Memahamicara perilaku budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari
4.9    Mempresentasikan cara perilaku budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari
6
3.10 Menganalisis teknikdasarsalahsatuaktifitasolahragapermainan bola besaruntukmenghasilkankoordinasigerak yang baik
4.10 Mempraktikanteknikdasarsalahsatuaktifitasolahragapermainan bola besaruntukmenghasilkankoordinasigerak yang baik
12
3.11 Menganalisis teknikdasarsalahsatuaktifitasolahragapermainan bola keciluntukmenghasilkankoordinasigerak
4.11 Mempraktikanteknikdasarsalahsatuaktifitasolahragapermainan bola keciluntukmenghasilkankoordinasigerak
10
3.12 Menganalisis salahsatuketerampilanaktifitasatletikuntukmenghasilkangerak yang efektif
4.12 Mempraktikansalahsatuketerampilanaktifitasatletikuntukmenghasilkangerak yang efektif
8
3.13 Menganalisissalahsatuketerampilanaktifitasolahragabeladiriuntukmenghasilkangerak yang efektif
4.13 Mempraktikansalahsatuketerampilanaktifitasolahragabeladiriuntukmenghasilkangerak yang efektif
8
3.14 Menganalisis latihanpengukurankomponenkebugaranjasmaniuntukkesehatan (dayatahan, kekuatan, komposisitubuh, dankelenturan) menggunakaninstrumenterstandar
4.14 Mempraktikanlatihanpengukurankomponenkebugaranjasmaniuntukkesehatan (dayatahan, kekuatan, komposisitubuh, dankelenturan) menggunakaninstrumenterstandar
8
3.15 Menganalisis keterampilan rangkaiangerak dasar aktifitas olahraga senam untuk menghasilkan koordinasi yang baik
4.15 Mempraktikanketerampilan rangkaiangerak dasar aktifitas olahraga senam untuk menghasilkan koordinasi yang baik
6
3.16 Menerapkanketerampilan gerakrangkaianaktifitasolahragasenamritmikuntuk menghasilkan koordinasi yang baik
4.16 Mempraktikanhasilanalisisgerakanrangkaianaktifitasolahragasenamritmikuntuk menghasilkan koordinasi yang baik
6
3.17 Menganalisis keterampilansalahsatugayarenangpadaaktifitasolahraga air*
4.17 Mempraktikanketerampilansalahsatugayarenangpadaaktifitasolahraga air*
8
3.18 Menganalisispermasalahan cara perilaku budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari
4.18 Mempresentasikan permasalahan cara perilaku budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari
6
Jumlah
144 JP

                                                 


0 Response to "KI KD Penjas SMK Kurikulum 2013 Revisi terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel