KI KD Penjas SMK Kurikulum 2013 Revisi terbaru
KI KD Penjas terbaru adalah KI KD pelajaran Penjas yang ada pada kurikulum 2013 Revisi yang terbaru.
Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Biodata sekolah
BidangKeahlian : SemuaBidangKeahlianProgram Keahlian : Semua Program Keahlian
KompetensiKeahlian : Semua Kompetensi Keahlian
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK)
Tujuan
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.Isi
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, danbudayasekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
3.1
Menerapkan Teknik dasar
salah satu aktifitas olahraga permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi
gerak yang baik
|
4.1
Mempraktikan
Teknik dasar salah satu aktifitas olahraga permainan bola besar untuk
menghasilkan koordinasi gerak yang baik
|
12
|
3.2
Menerapkan Teknik dasar salah satu aktifitas olahraga permainan
bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak
|
4.2
Mempraktikan
Teknik dasar salah satu aktifitas olahraga permainan bola kecil untuk menghasilkan
koordinasi gerak
|
10
|
3.3
Menerapkan salah satu
keterampilan aktifitas atletik untuk menghasilkan gerak yang efektif
|
4.3
Mempraktikan
salah satu keterampilan aktifitas atletik untuk menghasilkan gerak yang
efektif
|
8
|
3.4
Menerapkan salah satu
keterampilan aktifitas olahraga beladiri untuk menghasilkan gerak yang
efektif
|
4.4
Mempraktikan
salah satu keterampilan aktifitas olahraga beladiri untuk menghasilkan gerak
yang efektif
|
8
|
3.5
Menerapkan latihanpengukurankomponenkebugaranjasmaniuntukkesehatan
(dayatahan, kekuatan, komposisitubuh, dankelenturan)
menggunakaninstrumenterstandar
|
4.5
Mempraktikanlatihanpengukurankomponenkebugaranjasmaniuntukkesehatan
(dayatahan, kekuatan, komposisitubuh, dankelenturan)
menggunakaninstrumenterstandar
|
8
|
3.6
Menerapkan keterampilan rangkaiangerak dasar aktifitas
olahraga senam untuk menghasilkan koordinasi yang baik
|
4.6
Mempraktikanketerampilan rangkaiangerak dasar aktifitas
olahraga senam lantai untuk menghasilkan koordinasi yang baik
|
6
|
3.7
Menerapkan keterampilan gerakrangkaianaktifitasolahragasenamritmikuntuk menghasilkan koordinasi yang baik
|
4.7
Mempraktikanhasilanalisisgerakanrangkaianaktifitasolahragasenamritmikuntuk menghasilkan koordinasi yang baik
|
6
|
3.8
Menerapkan keterampilansalahsatugayarenangpadaaktifitasolahraga
air*
|
4.8
Mempraktikanketerampilansalahsatugayarenangpadaaktifitasolahraga
air*
|
8
|
3.9
Memahamicara perilaku budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari
|
4.9
Mempresentasikan cara perilaku budaya hidup sehat dalam kehidupan
sehari-hari
|
6
|
3.10 Menganalisis teknikdasarsalahsatuaktifitasolahragapermainan
bola besaruntukmenghasilkankoordinasigerak yang baik
|
4.10
Mempraktikanteknikdasarsalahsatuaktifitasolahragapermainan
bola besaruntukmenghasilkankoordinasigerak yang baik
|
12
|
3.11 Menganalisis teknikdasarsalahsatuaktifitasolahragapermainan
bola keciluntukmenghasilkankoordinasigerak
|
4.11
Mempraktikanteknikdasarsalahsatuaktifitasolahragapermainan
bola keciluntukmenghasilkankoordinasigerak
|
10
|
3.12 Menganalisis salahsatuketerampilanaktifitasatletikuntukmenghasilkangerak
yang efektif
|
4.12
Mempraktikansalahsatuketerampilanaktifitasatletikuntukmenghasilkangerak
yang efektif
|
8
|
3.13
Menganalisissalahsatuketerampilanaktifitasolahragabeladiriuntukmenghasilkangerak
yang efektif
|
4.13 Mempraktikansalahsatuketerampilanaktifitasolahragabeladiriuntukmenghasilkangerak
yang efektif
|
8
|
3.14 Menganalisis latihanpengukurankomponenkebugaranjasmaniuntukkesehatan
(dayatahan, kekuatan, komposisitubuh, dankelenturan)
menggunakaninstrumenterstandar
|
4.14
Mempraktikanlatihanpengukurankomponenkebugaranjasmaniuntukkesehatan
(dayatahan, kekuatan, komposisitubuh, dankelenturan)
menggunakaninstrumenterstandar
|
8
|
3.15 Menganalisis keterampilan rangkaiangerak dasar aktifitas olahraga senam untuk menghasilkan koordinasi yang
baik
|
4.15 Mempraktikanketerampilan rangkaiangerak dasar aktifitas
olahraga senam untuk menghasilkan koordinasi yang baik
|
6
|
3.16
Menerapkanketerampilan gerakrangkaianaktifitasolahragasenamritmikuntuk menghasilkan koordinasi yang baik
|
4.16 Mempraktikanhasilanalisisgerakanrangkaianaktifitasolahragasenamritmikuntuk menghasilkan koordinasi yang baik
|
6
|
3.17 Menganalisis keterampilansalahsatugayarenangpadaaktifitasolahraga
air*
|
4.17 Mempraktikanketerampilansalahsatugayarenangpadaaktifitasolahraga
air*
|
8
|
3.18 Menganalisispermasalahan cara
perilaku budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari
|
4.18
Mempresentasikan permasalahan cara perilaku budaya hidup sehat dalam
kehidupan sehari-hari
|
6
|
Jumlah
|
144 JP
|
0 Response to "KI KD Penjas SMK Kurikulum 2013 Revisi terbaru"
Post a Comment