RPP PJOK Kurtilas Revisi: RPP Atletik, Lompat Jauh Kelas X/Genap
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK N/S
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan
Kelas /Semester : X/Genap
Tahun pelajaran : 2017/2018
Tema : Atletik
Subtema : Lompat Jauh Gaya Berjalan di Udara & Lompat Tinggi Gaya Straddle
Alokasi Waktu : 2 JP ( 1 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
Kompetensi Sikap Spiritual dan
Kompetensi Sikap Sosial (rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin dan
kerjasama) dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan
Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah
dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan
kondisi peserta didik.
|
KI3: Memahami,
menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasi tentang
pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan
metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada
tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi
diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat
nasional, regional, dan internasional
|
KI4: Melaksanakan
tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang
lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Menampilkan kinerja di bawah
bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja. Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif,
produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan
mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak
alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung
|
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.12
Menganalisis salah satu keterampilan
aktifitas atletik untuk menghasilkan gerak yang efektif
|
3.12.1 Menjelaskan keterampilan
gerak lompat jauh dengan teknik dasar awalan, tolakan, sikap badan diudara,
dan sikap mendarat.
3.12.2 Menganalisis rangkaian
gerak (koordinasi) lompat jauh gaya jalan di udara (awalan, tolakan, posisi badan di
udara, dan mendarat)
3.12.3 Menjelaskan variasi
keterampilan gerak atletik menggunakan lompat jauh
3.12.4 Menjelaskan teknik dasar
rangkaian gerak melompat
|
4.12
Mempraktikan salah satu keterampilan aktifitas atletik untuk
menghasilkan gerak yang efektif
|
4.12.1 Memperagakan
variasi keterampilan lompat jauh : teknik dasar awalan, tolakan, sikap badan
diudara, dan sikap mendarat
4.12.2 Memperagakan
rangkaian gerak (koordinasi)
lompat jauh gaya jalan di udara (awalan, tolakan, posisi badan di
udara, dan mendarat)
4.12.3 Lomba
lompat jauh
4.12.4 Memperagakan variasi keterampilan gerak atletik menggunakan
lompat jauh
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan
pembelajaran dengan menggunakan model role play metode discovery learning
dengan pendekatan saintifik, peserta didik dapat menganalisis
keterampilan lompat jauh untuk menghasilkan gerak yang efektif, serta peserta
didik dapat mempraktikkan hasil analisis keterampilan lompat jauh untuk
menghasilkan gerak yang efektif Dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung
jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan
pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif
(kreatif), serta mampu berkomukasi dan
bekerjasama dengan baik.
D.
Materi
Pembelajaran
Praktik:
- Keterampilan gerak lompat
- Keterampilan gerak lompat jauh
- Keterampilan gerak lompat tinggi
E.
Metode Pembelajaran
- Pendekatan : Scientific Learning
- Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
- Metode : Diskusi, tanya jawab, role play
F.
Media, alat dan bahan
Pembelajaran
1. Media LCD projector
2. Laptop
3. Bahan Tayang (slide power point)
4. Ruang terbuka yang datar dan aman/lapangan
5. Meteran
G.
Sumber Belajar
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Teks Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas X Jakarta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Teks Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas X Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
- Internet,
- Sumber lain yang relevan
H. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan
Ke-1 ( 3 x 45 menit )
|
Waktu
|
||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v
Melakukan pembukaan dengan
salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
v
Memeriksa kehadiran peserta
didik sebagai sikap disiplin
v
Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dalam mengawali kegiatan
pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya,
v
Mengingatkan kembali materi
prasyarat dengan bertanya.
v
Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v
Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v
Apabila materi/tema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan
tentang:
Praktik:
Ø
Variasi Keterampilan Gerak tahap awalan, tahap
tolakan, sikap melayang, dan pendaratan.
·
Teknik dasar awalan dan tolakan
·
Teknik dasar gerak langkah, sikap melayang, dan
pendaratan.
·
Rangkaian gerak (koordinasi) lompat
jauh (awalan, tolakan, sikap melayang, dan pendaratan)
·
Lomba Lompat Jauh
Ø
Lompat Tinggi Gaya Straddle
·
Variasi Keterampilan Gerak Atletik Menggunakan
Lompat Jauh
·
Teknik Dasar Rangkaian Gerak Melompat
·
Lomba Lompat Tinggi Gaya Straddle dengan
Peraturan yang Dimodfikasi
v
Menyampaikan tujuan
pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
v
Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
v
Memberitahukan tentang kompetensi
inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
v
Pembagian kelompok belajar
v
Menjelaskan mekanisme
pelaksanaan pengalaman belajar sesuai
dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10
menit
|
||||||||||||
Kegiatan Inti
|
110
menit
|
||||||||||||
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
Guru :
|
15
menit
|
I.
Penilaian, Pembelajaran Remedial dan
Pengayaan
1. Teknik
Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1)
Tes
Tertulis
a)
Pilihan ganda
b)
Uraian/esai
2)
Tes
Lisan
b.
Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
·
Mempelajari buku teks dan
sumber lain tentang materi pokok
·
Menyimak tayangan/demo
tentang materi pokok
·
Menyelesaikan tugas yang
berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
·
Laporan tertulis individu/
kelompok
3) Produk,
2. Instrumen
Penilaian
·
Terlampir
3. PembelajaranRemedial
dan Pengayaan
a.
Remedial
Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi DasarGuru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal),
b. Pengayaan
- Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
- Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya.
……………, 17 Juli 2017
Mengetahui
Kepala SMK N/S Guru
Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Postingan kami yang relevan dengan RPP PJOK Kurtilas Revisi yang lain dapat di lihat di www.perangkatpenjas.com pada postingan berikutnya.
Salam, Admin: www.perangkatpenjas.com
0 Response to "RPP PJOK Kurtilas Revisi: RPP Atletik, Lompat Jauh Kelas X/Genap"
Post a Comment