Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) Bola Besar SMA/SMK
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : PJOK
Kompetensi Inti |
Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial (rasa ingin tahu,
tanggung jawab, displin dan kerjasama) dicapai melalui pembelajaran tidak
langsung (indirect teaching) pada
pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui
keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan
karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
|
KI3: Memahami, menerapkan, menganalisis, dan
mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan
metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Pendidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan pada tingkat teknis, spesifik,
detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian
dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan
internasional
|
KI4: Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Pendidikan Jasmani, Olahraga
dan Kesehatan Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan
kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif,
produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir,
menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di
bawah pengawasan langsung
|
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
ASPEK/RANAH
|
|||||
Pengetahuan
(Kognitif)
|
Sikap
(Affective)
|
Ketrampilan
(Psikomotorik)
|
||||||
Permainan Bola Besar
|
||||||||
Sepak Bola |
||||||||
1
|
3.10 Menganalisis teknik dasar salah satu aktifitas olahraga permainan bola
besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik
|
3.10.1 Menganalisis variasi keterampilan gerak permainan bola besar melalui
teknik mengumpan, menembak menghentikan/mengontrol bola, dan menyundul dalam
permainan sepakbola
3.10.2 Menganalisis kombinasi keterampilan gerak permainan bola besar melalui teknik
mengumpan, menembak menghentikan/mengontrol bola, dan menyundul dalam permainan sepakbola.
3.10.3 Menganalisis keterampilan gerak permainan bola besar melalui teknik
mengumpan, menembak menghentikan/mengontrol bola, dan menyundul dalam
permainan sepak bola
|
||||||
4.10 Mempraktikan teknik dasar salah satu aktifitas olahraga permainan bola
besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik
|
4.10.1 Mempraktikkan variasi keterampilan gerak permainan bola besar melalui teknik mengumpan, menembak menghentikan/mengontrol bola, dan menyundul
dalam permainan sepakbola.
4.10.2 Mempraktikkan kombinasi keterampilan gerak permainan bola besar melalui teknik mengumpan, menembak menghentikan/mengontrol bola, dan menyundul
dalam permainan sepakbola.
4.10.3 Mempraktikkan hasil analisis- keterampilan permainan bola besar
melalui teknik mengumpan, menembak
menghentikan/mengontrol bola, dan menyundul dalam permainan sepak bola.
|
|||||||
Bola Voli |
||||||||
2
|
3.10 Menganalisis teknik dasar salah satu aktifitas olahraga permainan bola
besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik
|
3. 10.1
Menganalisis variasi keterampilan gerak permainan bola besar melalui passing, service, smash, dan block/bendungan
dalam permainan bolavoli dengan baik
3.10.2
Menganalisis keterampilan gerak Permainan bola besar
melalui passing, service, smash, dan block/bendungan
dalam permainan bola voli.
3.10.3
Mengidentifikasi variasi dan
kombinasi keterampilan
gerak dasar permainan bola besar melalui passing, service, smash, dan block/bendungan
dalam permainan bolavoli
|
||||||
4.10 Mempraktikan teknik dasar salah satu aktifitas olahraga permainan bola
besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik
|
4.10.1 Mempraktikkan variasi keterampilan gerak permainan bola besar melalui passing, service, smash,
dan block/bendungan dalam permainan bolavoli dengan baik.
|
|||||||
Bola Basket |
||||||||
3
|
3.10 Menganalisis teknik dasar salah satu aktifitas olahraga permainan bola
besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik
|
3.10.1 Menganalisis variasi keterampilan gerak dalam
permainan bolabasket dengan teknik melempar,
menangkap, menggiring, menembak, dan lay up.
3.10.2 Menganalisis kombinasi keterampilan gerak permainan
bolabasket dengan teknik melempar, menangkap, menggiring,
menembak, dan lay up.
3.10.3 Menganalisis bermain bolabasket menggunakan setengah
lapangan basket
3.10.4 Menemukan hubungan keterampilan gerak.
3.10.5 Menganalisis keterampilan gerak
permainan bola besar melalui permainan bola basket
|
||||||
4.10 Mempraktikan teknik dasar salah satu aktifitas olahraga permainan bola
besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik
|
4.10.1 Menerapkan berbagai keterampilan gerak
permainan bola besar melalui permainan bolabasket dalam bermain secara beregu dengan menunjukkan sikap
kerjasama, disiplin, dan sportifitas.
4.10.2 Mempraktikkan keterampilan analisis permainan bola besar melalui
permainan bola basket dengan teknik melempar,
menangkap, menggiring, menembak, dan lay up.
|
0 Response to "Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) Bola Besar SMA/SMK"
Post a Comment