-->

ALAT UKUR KEMAMPUAN HASIL BELAJAR PENJAS SISWA

Alat Ukur Kemampuan Hasil Belajar Siswa; Merupakan suatu berkas administrasi yang digunakan untuk menentukan Teknik atau Cara Penilaian yang akan di gunakan oleh Guru Penjas saat mengukur keberhasilan belajar siswa. 


 

ALAT UKUR KEMAMPUAN HASIL BELAJAR SISWA

Dibawah ini akan diuraikan point-point untuk memberikan penilaian pada siswa saat materi selesai diberikan oleh guru Penjaskes.

Identitas  Sekolah

Sekolah                       : SMK NEGERI / SWASTA ......
Mapel                          : PENJASKES
Kelas                           : X (Semua Prodi)
Semester                     :  Ganjil

Uraian Alat Ukur Sesuai SK/KD

 
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alat / Teknik Penilaian
1.   Mempraktikkan berbagai 1keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

1.1 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar  serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**)
1.3 Mempraktikkan keterampilan atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi  serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**)
-          Rubric Psikomotor
-          Tes soal (kognitif)
-          Rubric Afektif (sikap)
2.  Mempraktikkan latihan kebugaran jasmani dan cara mengukurnya sesuai dengan kebutuhan  dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya

2.1 Mempraktikkan latihan kekuatan, kecepatan, daya tahan dan kelentukan untuk kebugaran jasmani dalam bentuk sederhana  serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri
2.2 Mempraktikkan tes kebugaran jasmani  serta nilai tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri.
2.3  Mempraktikkan perawatan tubuh agar tetap segar  

-          Rubric Psikomotor
-          Tes soal (kognitif)
-          Rubric Afektif (sikap)
3. Mempraktikkan keterampilan rangkaian senam lantai  dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya

3.1  Mempraktikkan rangkaian  senam lantai dengan menggunakan bantuan  serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab, menghargai teman
3.2   Mempraktikkan rangkaian senam lantai tanpa alat  serta nilai percaya diri, kerjasama dan tanggung jawab



-          Rubric Psikomotor
-          Tes soal (kognitif)
-          Rubric Afektif (sikap)
5.   Mempraktikkan salah satu gaya renang dan loncat indah sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)


5.1 Mempraktikkan keterampilan dasar salah satu gaya renang serta nilai disiplin, keberanian, tanggung jawab, dan kerja keras
5.2 Mempraktikkan keterampilan teknik dasar loncat indah dari samping kolam dengan teknik  serta nilai disiplin, keberanian, tanggung jawab, dan kerja keras

-          Rubric Psikomotor
-          Tes soal (kognitif)
-          Rubric Afektif (sikap)
7.  Menerapkan budaya hidup sehat
7.1 Menganalisis bahaya penggunaan narkoba
7.2 Memahami berbagai peraturan perundangan tentang narkoba

-          Tes soal (kognitif)
-          Rubric Afektif (sikap)


Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alat / Teknik Penilaian
8.   Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
8.1  Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi  serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri **)

8.3  Mempraktikkan keterampilan atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi  serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri **)

-          Rubric Psikomotor
-          Tes soal (kognitif)
-          Rubric Afektif (sikap)
9.   Mempraktikkan latihan kebugaran jasmani dan cara mengukurnya sesuai dengan kebutuhan  dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya

9.1  Mempraktikkan berbagai bentuk kebugaran jasmani sesuai dengan kebutuhan  serta nilai kejujuran, tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri

9.2  Mempraktikkan tes kebugaran dan interpretasi hasil tes dalam menentukan derajat kebugaran  serta nilai kejujuran, semangat, tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri

-          Rubric Psikomotor
-          Tes soal (kognitif)
-          Rubric Afektif (sikap)
10. Mempraktikkan keterampilan rangkaian senam lantai  dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya

10.1 Mempraktikkan keterampilan rangkaian senam lantai dengan menggunakan alat  serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman

-          Rubric Psikomotor
-          Tes soal (kognitif)
-          Rubric Afektif (sikap)
11. Mempraktikkan aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi yang baik dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya

11.1  Mempraktikkan kombinasi keterampilan langkah kaki dan ayunan lengan pada aktivitas ritmik berirama tanpa alat  serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan dan estetika

-          Rubric Psikomotor
-          Tes soal (kognitif)
-          Rubrik  Afektif (sikap)
12.  Mempraktikkan keterampilan beberapa gaya renang dan pertolongan kecelakaan di air  dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya*)


12.1  Mempraktikkan kombinasi teknik renang gaya dada, gaya bebas dan salah satu gaya lain  serta nilai disiplin, kerja keras keberanian dan tanggung jawab

12.2 Mempraktikkan keterampilan dasar pertolongan kecelakaan di air dengan sistim Resusitasi Jantung dan Paru (RJP)  serta nilai disiplin, kerja keras keberanian dan tanggung jawab

-          Rubric Psikomotor
-          Tes soal (kognitif)
-          Rubric Afektif (sikap)
14. Menerapkan budaya hidup sehat
14.1  Menganalisis dampak seks bebas
14.2  Memahami cara menghindari seks bebas


-          Tes soal (kognitif)
-          Rubric Afektif (sikap)




Semoga artikel dari www.perangkatpenjas.com ini bermanfaat.
Salam, Admin www.perangkatpenjas.com

3 Responses to "ALAT UKUR KEMAMPUAN HASIL BELAJAR PENJAS SISWA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel