-->

Lembar Pengesahan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Penjas SMK


KATA PENGANTAR

Pada prinsipnya, hampir semua pendidik di manapun dia mengajar pasti menghendaki perolehan hasil belajar siswanya adalah baik atau tinggi. Akan tetapi dalam kenyataannya, banyak sekali faktor-faktor diluar kehendaknya yang mengakibatkan perolehan nilai hasil belajar siswa didiknya masih kurang memuaskan atau masih berada pada level bawah kriteria kelulusan (KKM) yang telah disusun.
Hal ini memang sangat lumrah dan sering terjadi. Biasanya dipengaruhi oleh faktor seperti input siswa yang masih rendah, ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran, model pembelajaran yang kurang pas dengan kondisi siswa atau akibat lain yang mungin tak terhitung lagi penyebabnya.
Untuk itu, perlu adanya kreativitas dari sang pendidik itu sendiri. Di sini kita selaku tenaga pendidik atau pengajar memang dituntut untuk senantiasa meng “up to date”  strategi pembelajaran yang kita pakai. Artinya, kita harus senantiasa memperhatikan kondisi siswa dan kondisi suasana eksternal (suasana di luar kelas) sehingga materi yang kita sampaikan saat itu bisa di terima secara optimal oleh siswa-siswi kita yang selanjutnya diharapkan hasil evaluasi mereka akan baik.
Diluar dari hal diatas, penulis meyakini bahwa saat ini, dimana dunia pendidikan diharapkan mampu menunjukan kualitas yang tinggi, para pengajar mungkin sudah biasa melakukan evaluasi kinerja dan evaluasi proses pembelajaran. Hal ini senada dengan apa yang ditulis Suhardjono. Dia menuliskan dalam bukunya  bahwa :

“Para guru memahami bahwa salah satu tujuan kegiatan pengembangan profesi adalah dilakukannya kegiatan nyata dikelasnya. Hal ini ditujukan untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajarannya.bagi sebagian besar guru, melakukan kegiatan seperti itu, suda biasa dilakukan.”

“...... pada kegiatan pembelajaran, tindakan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan mutu pembelajaran adalah dengan “menguji atau menerapkan” hal-hal “baru” dalam praktik pembelajarannya.”







DAFTAR ISI


Kata Pengantar
……………………………………….
i
Daftar Isi
……………………………………….
ii
Daftar Lampiran
……………………………………….
iii
Ijin Melaksanakan Penelitian
……………………………………….
iv
Lembar pengesahan dan identitas
……………………………………….
v
Pernyataan Keaslian Penelitian Dari Sekolah
……………………………………….
vi
Pernyataan Kepala Perpustakaan
……………………………………….
vii
Pernyataan Keaslian Penulisan Dan Penelitian
……………………………………….
viii
Abstrak
……………………………………….
ix

Bab I. Pendahuluan
……………………………………….
1
1.1  Latar Belakang Masalah
……………………………………….
1
1.2  Rumusan Masalah
……………………………………….
2
1.3  Tujuan Penelitian
……………………………………….
2
1.4  Manfaat Penelitian
……………………………………….
3
Bab II. Kerangka Teori
……………………………………….

2.1 Tujuan dan Fungsi Pendidikan Jasmani  Olahraga dan Kesehatan
……………………………………….
4
2.2  Penelitian sebagai sebuah Evaluasi
……………………………………….
5
2.3   Strategi Belajar Metode Presentasi Kelompok
……………………………………….
6
2.4  Hipotesa Penelitian
……………………………………….
11
Bab III.  Rencana Penelitian Tindakan Kelas
……………………………………….

3.1  Objek Penelitian
……………………………………….
12
3.2  Faktor yang diteliti
……………………………………….
12
3.3  Materi yang diteliti
……………………………………….
12
3.4 Teknik Pengumpulan Data Penelitian
……………………………………….
13
3.5 Teknik Penilaian
……………………………………….
14
3.6 Tahap Penelitian
……………………………………….
15
Bab IV. Pelaksanaan Penelitian
……………………………………….

4.1 Siklus I
……………………………………….
17
4.2 Siklus II
……………………………………….
39
Bab V. Kesimpulan dan Saran
……………………………………….

5.1 Kesimpulan
……………………………………….
50
5.2 Saran
……………………………………….
50
Daftar Pustaka
……………………………………….
52










PEMERINTAH PROVINSI LAMPUNG
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMK NEGERI 4 METRO
Blog/e-mail : smkn4metro.blogspot.com/smkn4metro@yahoo.co.id
Jl. Letjend. R. Soeprapto, Kelurahan Margodadi, Kec. Metro Selatan Kode Pos 34121


IJIN MELAKSANAKAN PENELITIAN


Yang bertandatangan di bawah ini ;

Nama                           : ERLIAN EKA DAMAYANTI, S.Kom, M.TI
NIP                             : 198505302009022009
Jabatan                                    : Kepala Sekolah
Unit Kerja                   : SMK Negeri4 Metro

Dengan ini memberikan ijin kepada :

Nama                           : FARID PATHURRAHMAN, S.Si
NIP                             : 19801012009021006
Jabatan                                    : Guru PJOK
Unit Kerja                   : SMK Negeri4 Metro

Untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK) pada bulan september sampai dengan november 2017  di kelas X Jurusan Multimedia. Segala biaya yang diperlukan dibebankan kepada guru yang bersangkutan.










Metro, Agustus 2017
Kepala SMKN 4 Metro,




ERLIAN EKA DAMAYANTI, S.Kom, M.TI
Penata.
NIP.198505302009022009


LEMBAR IDENTITAS DAN PENGESAHAN




1.      a. Judul penelitian         :
Peningkatan Nilai Hasil Belajar Materi Penyalahgunaan Narkoba Melalui Penerapan Strategi Belajar Metode Presentasi Kelompok  Di Kelas X Jurusan Multimedia (MM) TP. 2017/2018 SMK Negeri 4 Metro

b. Jenis penelitian          : Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
c. Waktu Penelitian       : September s/d November 2017

2.      Data Peneliti                             
a.       Nama                       : Farid Pathurrahman, S.Si
b.      NIP                         : 198001012009021006
c.       Unit Kerja               : SMK Negeri 4 Metro

3.      Dengan ini disahkan oleh :

a.       Nama                         : ERLIAN EKA DAMAYANTI, S.Kom, M.TI
b.      NIP                            : 198505302009022009
c.       Jabatan                       : Kepala Sekolah
d.      Unit Kerja                  : SMK Negeri4 Metro








       Metro,   29 November 2017
Mengesahkan,                                                        Peneliti
Kepala Sekolah




ERLIAN EKA DAMAYANTI, S.Kom, M.TI  FARID PATHURRAHMAN, S.SI
Penata.                                                                           NIP.198001012009021006
NIP.198505302009022009



PERNYATAAN KEASLIAN PENELITIAN DARI SEKOLAH


Yang bertandatangan di bawah ini adalah :
a.       Nama                         : ERLIAN EKA DAMAYANTI, S.Kom, M.TI
b.      NIP                            : 198505302009022009
c.       Jabatan                       : Kepala Sekolah
d.      Unit Kerja                  : SMK Negeri4 Metro

dengan ini menyatakan bahwa laporan penelitian tindakan kelas yang berjudul “Peningkatan Nilai Hasil Belajar Materi Penyalahgunaan Narkoba Melalui Penerapan Strategi Belajar Metode Presentasi Kelompok  Di Kelas X Jurusan Multimedia (MM) TP. 2017/2018 SMK Negeri 4 Metro” adalah benar-benar hasil penelitian  guru SMKN 4 Metro dengan data sebagai berikut :
a.       Nama                       : Farid Pathurrahman, S.Si
b.      NIP                         : 198001012009021006
c.       Pangkat                   : Penata, III-c
d.      Mapel yang diampu: Penjaskes
e.       Unit Kerja               : SMK Negeri 4 Metro

Demikian pernyataan ini dibuat dengan sesuangguh-sungguhnya dalam kondisi sadar dan tanpa ada paksaan dari phak manapun.






Metro,   29 November 2017
  Kepala Sekolah,




ERLIAN EKA DAMAYANTI, S.Kom, M.TI
Penata.
NIP.198505302009022009




PERNYATAAN KEPALA PERPUSTAKAAN


Yang bertandatangan di bawah ini, Saya :
a.       Nama                       : Theresia Ika, S.Pd
b.      NIP                         : -
c.       Pangkat                   : -
d.      Jabatan                    : Kepala Perpustakaan
e.       Unit Kerja               : SMK Negeri 4 Metro

Dengan ini menyatakan bahwa pihak perpustakaan SMKN 4 Metro telah menerima salinan atau photocopy laporan penelitian tindakan kelas yang berjudul “Peningkatan Nilai Hasil Belajar Materi Penyalahgunaan Narkoba Melalui Penerapan Strategi Belajar Metode Presentasi Kelompok  Di Kelas X Jurusan Multimedia (MM) TP. 2017/2018 SMK Negeri 4 Metro”  hasil penelitian guru yang bernama  Farid Pathurrahman, S.Si pada tanggal 29 November 2017 dan laporan PTK tersebut telah disimpan dengan baik serta dapat dibaca oleh seluruh pengunjung atau tamu yang datang ke perpustakaan SMKN 4 Metro.












Metro,   29 November 2017
Kepala Perpustakaan SMKN 4 Metro




THERESIA IKA, S.Pd                     




PERNYATAAN KEASLIAN PENULISAN DAN PENELITIAN



Saya yang bertandatangan di bawah ini :

Nama                        : FARID PATHURRAHMAN, S.Si
NIP                          : 19800101 200902 1 006
Golongan                 : III-C
Mapel yang diampu : Penjaskes
Unit kerja                 : SMK Negeri 4 Metro

dengan ini menyatakan bahwa tulisan  hasil penelitian dengan judul “Peningkatan Nilai Hasil Belajar Materi Penyalahgunaan Narkoba Melalui Penerapan Strategi Belajar Metode Presentasi Kelompok  Di Kelas X Jurusan Multimedia (MM) TP. 2017/2018 SMK Negeri 4 Metro”   adalah  ASLI  karya saya sendiri dan bukan merupakan hasil plagiat dari karya orang lain. Dan jika, dikemudian hari ditemui dan terbukti penelitian ini tidak asli (bukan karya saya sendiri atau merupakan hasil plagiat), maka saya selaku peneliti siap menanggung saknsi sesuai dengan perundangan yang berlaku.












Metro, 21 November 2017
Peneliti,                                                                                                                                                                      


FARID PATHURRAHMAN, S.SI
NIP.198001012009021006




ABSTRAK


Pathurrahman, Farid. (2017). Peningkatan Nilai Hasil Belajar Materi Penyalahgunaan Narkoba Melalui Penerapan Strategi Belajar Metode Presentasi Kelompok  Di Kelas X Jurusan Multimedia (MM) TP. 2017/2018 SMK Negeri 4 Metro.

Kata kunci : Peningkatan, Nilai Hasil Belajar, Strategi Belajar, Metode Belajar, Presentasi Kelompok.
Penelitian merupakan suatu rangkaian kegiatan yang ditujukan untuk menelaah suatu hal yang dianggap masalah dengan tujuan menemukan solusi atau pemecahan dari kendala yang dihadapi seseorang/instansi/lembaga. Bentuk penelitian sangat bervariasi dan beragam bentuk serta jenisnya. Penelitian ini sendiri biasanya diadakan sebagai suatu upaya pemecahan permasalahan yang dianggap mengganggu pencapaian suatu tujuan yang diharapkan. Jika dalam proses pendidikan, maka maksud atau tujuannya adalah adanya keberhasilan transformasi ilmu dari guru ke peserta didiknya.

hasil penelitian menunjukan data seperti berikut ini :
-             Penyampaian materi ajar Penyalahgunaan Narkoba di kelas X Jurusan Multimedia(MM)  tahun   pelajaran 2017/2018 dengan menggunakan strategi belajar Presentasi Kelompok mampu meningkatkan nilai hasil evaluasi belajar  dari yang tadinya 63% tuntas dengan metode ceramah menjadi 73,1 % tuntas pada siklus I dan 81% tuntas  pada siklus II.
-          Siswa terlibat secara langsung dan aktif karena startegi belajar lebih dititik beratkan pada peran siswa (hal ini dengan membagikan materi ajar yang sudah di pecah kepada beberapa kelompok siswa). Dalam strategi ini, siswa saling menjelaskan masing-masing bagian materi ajar dengan bahasa dan gaya yang dapat ditangkap oleh siswanya lainnya.


0 Response to "Lembar Pengesahan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Penjas SMK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel