Lembar Pengesahan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Penjas SMK
KATA PENGANTAR
Pada prinsipnya, hampir semua
pendidik di manapun dia mengajar pasti menghendaki perolehan hasil belajar
siswanya adalah baik atau tinggi. Akan tetapi dalam kenyataannya, banyak sekali
faktor-faktor diluar kehendaknya yang mengakibatkan perolehan nilai hasil
belajar siswa didiknya masih kurang memuaskan atau masih berada pada level
bawah kriteria kelulusan (KKM) yang telah disusun.
Hal ini memang sangat lumrah
dan sering terjadi. Biasanya dipengaruhi oleh faktor seperti input siswa yang
masih rendah, ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran, model
pembelajaran yang kurang pas dengan kondisi siswa atau akibat lain yang mungin
tak terhitung lagi penyebabnya.
Untuk itu, perlu adanya
kreativitas dari sang pendidik itu sendiri. Di sini kita selaku tenaga pendidik
atau pengajar memang dituntut untuk senantiasa meng “up to date” strategi pembelajaran yang kita pakai.
Artinya, kita harus senantiasa memperhatikan kondisi siswa dan kondisi suasana
eksternal (suasana di luar kelas) sehingga materi yang kita sampaikan saat itu
bisa di terima secara optimal oleh siswa-siswi kita yang selanjutnya diharapkan
hasil evaluasi mereka akan baik.
Diluar dari hal diatas,
penulis meyakini bahwa saat ini, dimana dunia pendidikan diharapkan mampu
menunjukan kualitas yang tinggi, para pengajar mungkin sudah biasa melakukan
evaluasi kinerja dan evaluasi proses pembelajaran. Hal ini senada dengan apa
yang ditulis Suhardjono. Dia menuliskan dalam bukunya bahwa :
“Para guru memahami bahwa salah satu tujuan
kegiatan pengembangan profesi adalah dilakukannya kegiatan nyata dikelasnya.
Hal ini ditujukan untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajarannya.bagi
sebagian besar guru, melakukan kegiatan seperti itu, suda biasa dilakukan.”
“...... pada kegiatan pembelajaran, tindakan yang
dapat dilakukan untuk meningkatkan mutu pembelajaran adalah dengan “menguji
atau menerapkan” hal-hal “baru” dalam praktik pembelajarannya.”
DAFTAR
ISI
Kata Pengantar
|
……………………………………….
|
i
|
Daftar Isi
|
……………………………………….
|
ii
|
Daftar Lampiran
|
……………………………………….
|
iii
|
Ijin Melaksanakan Penelitian
|
……………………………………….
|
iv
|
Lembar pengesahan dan identitas
|
……………………………………….
|
v
|
Pernyataan Keaslian Penelitian Dari Sekolah
|
……………………………………….
|
vi
|
Pernyataan Kepala Perpustakaan
|
……………………………………….
|
vii
|
Pernyataan Keaslian
Penulisan Dan Penelitian
|
……………………………………….
|
viii
|
Abstrak
|
……………………………………….
|
ix
|
Bab I. Pendahuluan
|
……………………………………….
|
1
|
1.1 Latar Belakang Masalah
|
……………………………………….
|
1
|
1.2 Rumusan Masalah
|
……………………………………….
|
2
|
1.3 Tujuan Penelitian
|
……………………………………….
|
2
|
1.4 Manfaat Penelitian
|
……………………………………….
|
3
|
Bab II. Kerangka Teori
|
……………………………………….
|
|
2.1 Tujuan dan
Fungsi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
|
……………………………………….
|
4
|
2.2
Penelitian sebagai sebuah Evaluasi
|
……………………………………….
|
5
|
2.3 Strategi Belajar Metode Presentasi Kelompok
|
……………………………………….
|
6
|
2.4 Hipotesa Penelitian
|
……………………………………….
|
11
|
Bab III. Rencana
Penelitian Tindakan Kelas
|
……………………………………….
|
|
3.1 Objek Penelitian
|
……………………………………….
|
12
|
3.2 Faktor yang diteliti
|
……………………………………….
|
12
|
3.3 Materi yang diteliti
|
……………………………………….
|
12
|
3.4 Teknik
Pengumpulan Data Penelitian
|
……………………………………….
|
13
|
3.5 Teknik Penilaian
|
……………………………………….
|
14
|
3.6 Tahap Penelitian
|
……………………………………….
|
15
|
Bab IV. Pelaksanaan Penelitian
|
……………………………………….
|
|
4.1 Siklus I
|
……………………………………….
|
17
|
4.2 Siklus II
|
……………………………………….
|
39
|
Bab V. Kesimpulan dan Saran
|
……………………………………….
|
|
5.1 Kesimpulan
|
……………………………………….
|
50
|
5.2 Saran
|
……………………………………….
|
50
|
Daftar Pustaka
|
……………………………………….
|
52
|
PEMERINTAH PROVINSI LAMPUNG
DINAS
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMK NEGERI 4 METRO
Blog/e-mail :
smkn4metro.blogspot.com/smkn4metro@yahoo.co.id
Jl. Letjend. R. Soeprapto, Kelurahan Margodadi, Kec.
Metro Selatan Kode Pos 34121
IJIN MELAKSANAKAN
PENELITIAN
Yang
bertandatangan di bawah ini ;
Nama : ERLIAN EKA
DAMAYANTI, S.Kom, M.TI
NIP :
198505302009022009
Jabatan : Kepala Sekolah
Unit Kerja : SMK Negeri4 Metro
Dengan ini
memberikan ijin kepada :
Nama : FARID PATHURRAHMAN,
S.Si
NIP : 19801012009021006
Jabatan : Guru PJOK
Unit Kerja : SMK Negeri4 Metro
Untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK) pada bulan
september sampai dengan november 2017 di
kelas X Jurusan Multimedia. Segala biaya yang diperlukan dibebankan kepada guru
yang bersangkutan.
Metro, Agustus 2017
Kepala SMKN 4 Metro,
ERLIAN EKA DAMAYANTI, S.Kom, M.TI
Penata.
NIP.198505302009022009
LEMBAR
IDENTITAS DAN PENGESAHAN
1. a. Judul penelitian :
Peningkatan Nilai Hasil
Belajar Materi Penyalahgunaan Narkoba Melalui Penerapan Strategi Belajar Metode Presentasi Kelompok Di Kelas X Jurusan Multimedia
(MM) TP. 2017/2018 SMK Negeri 4 Metro
b. Jenis
penelitian : Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
c. Waktu
Penelitian : September s/d November
2017
2. Data Peneliti
a. Nama : Farid Pathurrahman, S.Si
b. NIP : 198001012009021006
c. Unit Kerja : SMK Negeri 4 Metro
3. Dengan ini disahkan oleh :
a.
Nama : ERLIAN EKA DAMAYANTI, S.Kom, M.TI
b.
NIP : 198505302009022009
c.
Jabatan : Kepala
Sekolah
d.
Unit Kerja : SMK Negeri4 Metro
Metro, 29 November 2017
Mengesahkan, Peneliti
Kepala Sekolah
ERLIAN EKA DAMAYANTI,
S.Kom, M.TI FARID PATHURRAHMAN, S.SI
Penata. NIP.198001012009021006
NIP.198505302009022009
PERNYATAAN
KEASLIAN PENELITIAN DARI SEKOLAH
Yang bertandatangan di bawah ini adalah :
a.
Nama : ERLIAN EKA DAMAYANTI, S.Kom, M.TI
b.
NIP : 198505302009022009
c.
Jabatan : Kepala
Sekolah
d.
Unit Kerja : SMK Negeri4 Metro
dengan
ini menyatakan bahwa laporan
penelitian tindakan kelas yang berjudul “Peningkatan Nilai
Hasil Belajar Materi Penyalahgunaan Narkoba Melalui Penerapan Strategi Belajar Metode Presentasi
Kelompok Di Kelas X Jurusan Multimedia (MM) TP. 2017/2018 SMK Negeri 4 Metro” adalah benar-benar hasil penelitian guru SMKN 4 Metro dengan data sebagai berikut
:
a. Nama : Farid Pathurrahman, S.Si
b. NIP : 198001012009021006
c. Pangkat : Penata, III-c
d. Mapel yang diampu: Penjaskes
e. Unit Kerja : SMK Negeri 4 Metro
Demikian
pernyataan ini dibuat dengan sesuangguh-sungguhnya dalam kondisi sadar dan
tanpa ada paksaan dari phak manapun.
Metro,
29 November 2017
Kepala Sekolah,
ERLIAN EKA DAMAYANTI, S.Kom, M.TI
Penata.
NIP.198505302009022009
PERNYATAAN
KEPALA PERPUSTAKAAN
Yang bertandatangan di bawah ini,
Saya :
a. Nama : Theresia Ika, S.Pd
b. NIP : -
c. Pangkat : -
d. Jabatan : Kepala Perpustakaan
e. Unit Kerja : SMK Negeri 4 Metro
Dengan ini menyatakan bahwa pihak
perpustakaan SMKN 4 Metro telah menerima salinan atau
photocopy laporan penelitian tindakan kelas yang berjudul “Peningkatan Nilai Hasil Belajar Materi Penyalahgunaan Narkoba Melalui
Penerapan Strategi Belajar
Metode Presentasi Kelompok Di Kelas X Jurusan Multimedia (MM) TP. 2017/2018 SMK Negeri 4 Metro” hasil penelitian guru yang bernama Farid Pathurrahman, S.Si pada tanggal 29 November 2017 dan laporan PTK tersebut telah disimpan
dengan baik serta dapat dibaca oleh seluruh pengunjung atau tamu yang datang ke
perpustakaan SMKN 4 Metro.
Metro, 29
November 2017
Kepala Perpustakaan SMKN 4 Metro
THERESIA IKA, S.Pd
PERNYATAAN KEASLIAN
PENULISAN DAN PENELITIAN
Saya yang bertandatangan di bawah ini :
Nama : FARID
PATHURRAHMAN, S.Si
NIP : 19800101 200902 1 006
Golongan : III-C
Mapel
yang diampu : Penjaskes
Unit kerja : SMK Negeri 4 Metro
dengan
ini menyatakan bahwa
tulisan hasil penelitian dengan judul “Peningkatan Nilai Hasil Belajar Materi Penyalahgunaan Narkoba Melalui
Penerapan Strategi Belajar
Metode Presentasi Kelompok Di Kelas X Jurusan Multimedia (MM) TP. 2017/2018 SMK Negeri 4 Metro” adalah ASLI
karya saya sendiri dan bukan merupakan hasil plagiat dari karya orang
lain. Dan jika, dikemudian hari ditemui dan terbukti penelitian ini tidak asli
(bukan karya saya sendiri atau merupakan hasil plagiat), maka saya selaku
peneliti siap menanggung saknsi sesuai dengan perundangan yang berlaku.
Metro, 21 November 2017
Peneliti,
FARID PATHURRAHMAN, S.SI
NIP.198001012009021006
ABSTRAK
Pathurrahman, Farid. (2017). Peningkatan Nilai Hasil
Belajar Materi Penyalahgunaan Narkoba Melalui Penerapan Strategi Belajar Metode Presentasi Kelompok Di Kelas X Jurusan Multimedia
(MM) TP. 2017/2018 SMK Negeri 4 Metro.
Kata kunci : Peningkatan, Nilai
Hasil Belajar, Strategi Belajar, Metode Belajar, Presentasi Kelompok.
Penelitian merupakan suatu rangkaian kegiatan yang ditujukan untuk menelaah
suatu hal yang dianggap masalah dengan tujuan menemukan solusi atau pemecahan
dari kendala yang dihadapi seseorang/instansi/lembaga. Bentuk penelitian sangat
bervariasi dan beragam bentuk serta jenisnya. Penelitian ini sendiri biasanya
diadakan sebagai suatu upaya pemecahan permasalahan yang dianggap mengganggu
pencapaian suatu tujuan yang diharapkan. Jika dalam proses pendidikan, maka
maksud atau tujuannya adalah adanya keberhasilan transformasi ilmu dari guru ke
peserta didiknya.
hasil
penelitian menunjukan data seperti berikut ini :
-
Penyampaian
materi ajar Penyalahgunaan Narkoba di kelas X Jurusan Multimedia(MM) tahun pelajaran 2017/2018 dengan menggunakan strategi belajar Presentasi
Kelompok mampu meningkatkan nilai hasil evaluasi belajar dari yang tadinya 63% tuntas dengan metode
ceramah menjadi 73,1 % tuntas pada siklus I dan 81% tuntas pada siklus II.
-
Siswa
terlibat secara langsung dan aktif karena startegi belajar lebih dititik
beratkan pada peran siswa (hal ini dengan membagikan materi ajar yang sudah di
pecah kepada beberapa kelompok siswa). Dalam strategi ini, siswa saling
menjelaskan masing-masing bagian materi ajar dengan bahasa dan gaya yang dapat
ditangkap oleh siswanya lainnya.
0 Response to "Lembar Pengesahan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Penjas SMK"
Post a Comment