-->

Sistematika Penulisan Best Parctice Guru Penjas Berprestasi (Gurpres)

Sistematika Penulisan Best Parctice Guru Penjas Berprestasi, Materi ini berisi tentang susunan atau Sistematika penulisan Laporan Best Practice saat akan mengikui Lomba Guru Berprestasi (Gurpres) baik di tingkat Kota/Kabupaten, Provinsi ataupun Nasional.Postingan Ini sebagai penyempurnaan postingan dari postingan sebelumnya.


Sistematika Penulisan Best practice Guru Berprestasi Jenjang SMA dan SMK

Best practice berisikan pengalaman konkrit Guru SMA dan SMK dalam mencapai suatu keberhasilan di sekolah masing-masing dengan



Tema Best Practice

Biasanya panitia menentukan tema yang akan diusung dalam lomba guru berprestasi di tahun tersebut

Di bawah ini adalah contoh tema yang telah ditentukan oleh panitia lomba ;
Tema tahun ini : ”Membangun Karakter Unggul Siswa melalui Pengalaman Terbaik Guru”.


Urutan Isi Laporan Penulisan Best Practice :


  • Halaman Judul
  • Kata Pengantar
  • Daftar Isi
  • Daftar Gambar
  • Daftar Tabel
  • Daftar Lampiran

Konten Pokok Laporan :

BAB I.  PENDAHULUAN

Pada bab I ini biasanya penulis atau peserta memuat beberapa hal di bawah ini paling tidak dua sampai tiga halaman. penulis diminta menuliskan secara cermat dan singkat apa yang hendak diangkat menjadi Best Practicenya. Adapun isi bab I ini adalah :

A. Latar Belakang
Latar belakang harus menguraikan latar belakang kegiatan yang berkaitan dengan pembelajaran dan menjadi dasar diterapkannya best practice serta memiliki kebaruan yang memiliki keunggulan dan dinilai layak untuk dipublikasikan oleh peserta ke seluruh dunia.

B. Fokus Best Practice
Pada point ini, peserta harus menjelaskan fokus kegiatan yang dijadikan best practice, contoh:
 (1) Pembentukan kecakapan wirausaha dalam pembelajaran biologi tanaman;
 (2) Pendidikan Life skill melalui pembelajaran Akuntansi;
 (3) Pemanfaatan potensi lokal untuk materi pembelajaran tata boga), dan lain-lain.

C. Tujuan
Tuliskan tujuan penyusunan laporan Best Practice dan disesuaikan dengan Tema yang diusung panitia atau sesuai fokus best practice. Biasanya dikaitkan antara best practice dengan temanya pada setiap point.

D. Manfaat
Peserta menyebutkan sasaran dan uraian manfaat yang diperoleh, contoh:
(1) manfaat untuk guru;
(2) manfaat untuk siswa;
(3) manfaat untuk sekolah; dan
(4) manfaat untuk masyarakat

BAB II PELAKSANAAN 

Jumlah halaman yang diminta biasanya berkisar antara 9 sampai 10 halaman yang berisi beberapa hal di bawah ini :

A. Deskripsi dan Ruang Lingkup Best Practice
     Peserta diminta untuk menjelaskan nama, bahan dan alat yang diperlukan, batasan-batasan best  
     practice)

B. Langkah-langkah Pelaksanaan Best Practice
     Berisi tentang langkah yang dilakukan peserta saat melakukan kegiatan Best Practice

C. Hasil yang Dicapai
     Point ini menguraikan ketercapaian tujuan

D. Nilai Penting dan Kebaruan Best Practice yang telah dilaksanakan
     Peserta menguraikan nilai lebih/tambah dari hasil yang dicapai

E. Faktor-Faktor Pendukung dan Penghambat
     Peserta menuliskan hal yang menghambat dan hal-hal yang mendukung pelaksanaan praktik

F. Tindak Lanjut

BAB III SIMPULAN DAN SARAN 

A. Simpulan
     Peserta menuliskan kesimpulan laporan di bab ini, biasanya dalam bentuk pointer atau urutan
     1,2,3 atau a,b, c dan seterusnya.


B. Saran
     Peserta mencantumkan saran untuk pengembangan best practicenya. biasanya dalam bentuk 
      pointer atau urutan 1,2,3 atau a,b, c dan seterusnya


DAFTAR PUSTAKA 

Peserta mencantumkan nama buku, jurnal atau artikel yang dijadikan rujukan dalam penulisannya.




Sebagai Tambahan, biasanya panitia membatasi ukuran kertas, jenis huruf dan lainya seperti di bawah ini :
  • Ukuran kertas A4
  • Huruf times new romans ukuran 12
  • Spasi 1,5
  • Margin atas, bawah, kiri dan kanan masing-masing 3 cm
  • Jumlah halaman utama 8 s.d. 15 lembar di luar Halaman Judul, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Lampiran, Daftar Gambar, Daftar Tabel dan Daftar Pustaka
  • Diunggah pada laman www.kesharlindungdikmen.id
  • Dan biasanya ada catatan yang menuliskan "Best practice yang tidak sesuai dengan sistematika di atas tidak akan dinilai"
Itulah uraian penulisan Best Parctice yang Admin pernah ikuti dalam lomba Best Teacher / Guru Berprestasi. semoga web www.perangkatpenjas.com memberikan manfaat.
Sukses !!

0 Response to "Sistematika Penulisan Best Parctice Guru Penjas Berprestasi (Gurpres) "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel