Cara membuat laporan Seminar Hasil Penelitian Tindakan Kelas/PTK
Penyusunan Laporan Seminar Hasil PTK; Penyusunan Laporan Hasil Seminar merupakan salah satu syarat wajib untuk menilai PTK seorang guru untuk dijadikan angka kredit. Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ditunjang dengan laporan bahwa PTK tersebut telah di seminarkan.
Penyusunan Laporan Seminar PTK
Ada beberapa hal yang harus dilampirkan dalam penyusunan laporan hasil seminar PTK, yaitu lembar judul, kata pengantar, daftar isi, daftar lampiran, isi (bab I - III), Lampiran yang berisi undangan, berita acara, susunan acara, lembar kesediaan pemakalah, lembar kesediaan menjadi korektor PTK, dokumentasi.
A. Contoh Lembar Judul (Cover)
LAPORAN KEGIATAN SEMINAR
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(DI AULA SMKN 2 METRO, KOTA METRO)
A P
R I I S Y A N I, S.E
NIP. 197304222006042006
SMA MUHAMMADIYAH 2 METRO
DINAS PENDIDIKAN KEBUDAYAAN
PEMUDA DAN OLAHRAGA
2016
B. Kata Pengantar
Dalam kata pengantar, biasanya penulis menuliskan rasa syukur serta ucapan terima kasih kepada beberapa pihak yang telah membantunya dalam pelaksanaan seminar.
C. Daftar Isi
Berisi tentang halaman halaman dari isi laporan
D. Daftar Lampiran
Lembar ini berisi tentang apa saja yang akan dilampirkan oleh penulis dalam laporannya.
E. Isi (Bab I sampai Bab III)
Isi dari masing masing bab hampir sama dengan karya ilmiah lainnya yang menceritakan alur kegiatan dari seminar PTK itu sendiri. Dibawah ini contoh isi dari bab I :
1. Maksusd dan Tujuan
a. Maksud
Kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya mempublikasikan karya tulis hasil penelitian para guru yang sudah memiliki hasil karya tulis (PTK). Pemaparan ini dilakukan untuk lebih menguji validitas tes atau hasil yang diperoleh Sehingga hasil penelitiannya lebih sempurna.
b. Tujuan
Mempublikasikan bahwa metode belajar cooperative learning dapat meningkatkan perolehan nilai siswa didik kelas IX SMA MUHAMMADIYAH 2 Metro pada pelajaran Geografi. Sehingga besar harapannya jika hasil penelitian ini dapat diikuti dan digunakan dalam materi lain.
Kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya mempublikasikan karya tulis hasil penelitian para guru yang sudah memiliki hasil karya tulis (PTK). Pemaparan ini dilakukan untuk lebih menguji validitas tes atau hasil yang diperoleh Sehingga hasil penelitiannya lebih sempurna.
b. Tujuan
Mempublikasikan bahwa metode belajar cooperative learning dapat meningkatkan perolehan nilai siswa didik kelas IX SMA MUHAMMADIYAH 2 Metro pada pelajaran Geografi. Sehingga besar harapannya jika hasil penelitian ini dapat diikuti dan digunakan dalam materi lain.
2. Waktu Pelaksanaan
Hari : Kamis
Tanggal : 14 April tahun 2016
Waktu : jam 14.00 s/d jam 16.30
Tanggal : 14 April tahun 2016
Waktu : jam 14.00 s/d jam 16.30
3. Tempat pelaksanaan
AULA SMK NEGERI 2 METRO , Jalan Yos Sudarso Ganjar Asri Metro Barat, Kota Metro.
(Perbedaan sekolah penyelenggara dengan sekolah peneliti menunjukan bahwa peneliti menseminarkan hasil PTK-nya bergabung dengan sekolah lain)
4. Kepanitiaan
Panitia adalah para guru SMK Negeri 2 Metro yang telah dibentuk oleh kepala SMKN 2 Metro. (terlampir)
Contoh isi bab II
Kegiatan ini diikuti oleh guru- guru dari beberapa sekolah, yaitu SMKN 2 Metro sebagai tuan rumah, SMKN 4 Metro, SMP Negeri 1 Metro, SMP Negeri 9 Metro SMKN 1 Metro serta SMA Negeri 6 Metro. (Daftar hadir terlampir).
Pemateri/Pemapar Penelitian
Pemateri/Pemapar Penelitian
No
|
Pemapar/Peneliti
|
Asal sekolah
|
judul
|
1
|
Theresia Noormawati, S.Pt, M.M
|
SMK NEGERI 2 Metro
|
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN “PROJECT
WORK” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATERI PRODUKTIF “BROILER” PADA SISWA
KELAS XI JURUSAN AGRIBISNIS TERNAK UNGGAS SMKN 2 METRO TP. 2013/2014
|
2
|
Nani Riyani, S.Pt
|
SMK NEGERI 2 Metro
|
MENINGKATKAN KEAKTIFAN
DAN PRESTASI BELAJAR AGRIBISNIS PAKAN TERNAK UNGGAS 1
DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)
PADA SISWA KELAS XI JURUSAN AGRIBISNIS TERNAK UNGGAS SMK NEGERI 5 KOTA
LANGSA SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
|
3
|
Yanti Rosa, S.Pd
|
SMP Negeri 1 Metro
|
MENINGKATKAN NILAI HASIL BELAJAR MATERI “CIRI-CIRI NEGARA
BERKEMBANG DAN NEGARA MAJU” DENGAN
MENGGUNAKAN METODE BELAJAR DISCUSSION GROUP (DG)-GROUP
PROJECT (GP) PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 METRO TP. 2011/2012
|
4
|
Heri Kristianto,
S.E
(2 judul )
|
SMP Negeri
9 Metro
|
Judul 1 :
PENINGKATAN
NILAI HASIL BELAJAR IPS SUB KOMPETENSI “KEGIATAN
EKONOMI MASYARAKAT” MELALUI STRATEGI BELAJAR CONTEXTUAL TEACHING LEARNING
(CTL) BAGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 METRO
TP. 2014/2015
judul 2 :
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI “ATMOSFER DAN GEJALANYA”
MELALUI PENERAPAN METODE BELAJAR COOPERATIVE LEARNING DI KELAS VII SMP NEGERI
9 METRO T.P 2014/2015
|
5
|
Skunda Putra , S.Si
|
SMK Negeri 4 Metro
|
PENERAPAN PROJECT BASED
LEARNING DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KEJURUAN DI KELAS X
JURUSAN MULTIMEDIA SMKN 4 METRO TP.2015/2016
|
6.
|
APRI ISYANI, S.E
( 2 JUDUL)
|
SMA MUHAMMADIYAH 2
|
Peningkatan
Nilai Hasil Belajar Geografi sub Kompetensi “Litosfer” Melalui Strategi
Belajar Contextual Teaching Learning (CTL) Bagi Siswa Kelas X SMA
Muhammadiyah 2 TP. 2014/2015
PENGGUNAAN
METODE BELAJAR PRESENTASI KELOMPOK
UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR MATERI “FENOMENA BIOSFER DAN
ANTROPOSFER” PADA SISWA KELAS XI-1 SMA MUHAMMADIYAH 2 TAHUN PELAJARAN
2014/2015”
|
Pembahas
a. Drs. AGUS JULIANDI , M.M : Dosen, Pengawas
b. Drs. EDWARD, S.Pd, M.M : Pengawas
Saran-saran pembahas
Saran pembahas mencakup hampir seluruh bab dalam penelitian. Semua masukan serta saran pembahas terlampir pada catatan Notulen. Catatan notulen dilampirkan dihalaman belakang.
b. Drs. EDWARD, S.Pd, M.M : Pengawas
Saran-saran pembahas
Saran pembahas mencakup hampir seluruh bab dalam penelitian. Semua masukan serta saran pembahas terlampir pada catatan Notulen. Catatan notulen dilampirkan dihalaman belakang.
Contoh isi bab III
Penutup
Demikian laporan hasil seminar ini saya sampaikan, besar harapan saya kiranya apa yang telah dilaksanakan dapat memenuhi persyaratan kenaikan pangkat. Terima kasih.
Semoga bermanfaat, salam dari Admin www.perangkatpenjas.com
0 Response to "Cara membuat laporan Seminar Hasil Penelitian Tindakan Kelas/PTK "
Post a Comment