-->

Cara membuat laporan Seminar Hasil Penelitian Tindakan Kelas/PTK


Penyusunan Laporan Seminar Hasil PTK; Penyusunan Laporan Hasil Seminar merupakan salah satu syarat wajib untuk menilai PTK seorang guru untuk dijadikan angka kredit. Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ditunjang dengan laporan bahwa PTK tersebut telah di seminarkan. 

 

Penyusunan Laporan Seminar PTK

Ada beberapa hal yang harus dilampirkan dalam penyusunan laporan hasil seminar PTK, yaitu lembar judul, kata pengantar, daftar isi, daftar lampiran, isi (bab I - III), Lampiran yang berisi undangan, berita acara, susunan acara, lembar kesediaan pemakalah, lembar kesediaan menjadi korektor PTK, dokumentasi.

A. Contoh Lembar Judul (Cover)


LAPORAN KEGIATAN SEMINAR
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(DI AULA SMKN 2 METRO, KOTA METRO)


A  P  R  I    I S Y A N I,  S.E
NIP. 197304222006042006

 

SMA MUHAMMADIYAH 2  METRO
DINAS PENDIDIKAN KEBUDAYAAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
2016
 

B. Kata Pengantar


Dalam kata pengantar, biasanya penulis menuliskan rasa syukur serta ucapan terima kasih kepada beberapa pihak yang telah membantunya dalam pelaksanaan seminar.


C. Daftar Isi


     Berisi tentang halaman halaman dari isi laporan

D. Daftar Lampiran

Lembar ini berisi tentang apa saja yang akan dilampirkan oleh penulis dalam laporannya.

E. Isi (Bab I sampai Bab III)

Isi dari masing masing bab hampir sama dengan karya ilmiah lainnya yang menceritakan alur kegiatan dari seminar PTK itu sendiri. Dibawah ini contoh isi dari bab I :


1. Maksusd dan Tujuan


a. Maksud
Kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya mempublikasikan karya tulis hasil penelitian para guru yang sudah memiliki hasil karya tulis (PTK). Pemaparan ini dilakukan untuk lebih menguji validitas tes atau hasil yang diperoleh Sehingga hasil penelitiannya lebih sempurna.

b. Tujuan
Mempublikasikan bahwa metode belajar cooperative learning dapat meningkatkan perolehan nilai siswa didik kelas IX SMA MUHAMMADIYAH 2 Metro pada pelajaran Geografi. Sehingga besar harapannya jika hasil penelitian ini dapat diikuti dan digunakan dalam materi lain.


2. Waktu Pelaksanaan


Hari : Kamis
Tanggal : 14 April tahun 2016
Waktu    : jam 14.00 s/d jam 16.30


3. Tempat pelaksanaan


AULA SMK NEGERI 2 METRO , Jalan Yos Sudarso Ganjar Asri Metro Barat, Kota Metro. 
(Perbedaan sekolah penyelenggara dengan sekolah peneliti menunjukan bahwa peneliti menseminarkan hasil PTK-nya bergabung dengan sekolah lain)

4. Kepanitiaan


Panitia adalah para guru SMK Negeri 2 Metro yang telah dibentuk oleh kepala SMKN 2 Metro. (terlampir)
 

Contoh isi bab II

 
Kegiatan ini diikuti oleh guru- guru dari beberapa sekolah, yaitu SMKN 2 Metro sebagai tuan rumah, SMKN 4 Metro, SMP Negeri 1 Metro, SMP Negeri 9 Metro SMKN 1 Metro serta SMA Negeri 6 Metro. (Daftar hadir terlampir).

  Pemateri/Pemapar Penelitian
No
Pemapar/Peneliti
Asal sekolah
judul
1
Theresia Noormawati, S.Pt, M.M
SMK NEGERI 2 Metro
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN “PROJECT WORK” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATERI PRODUKTIF “BROILER” PADA SISWA KELAS XI JURUSAN AGRIBISNIS TERNAK UNGGAS SMKN 2 METRO TP. 2013/2014

2
Nani Riyani, S.Pt
SMK NEGERI 2 Metro
MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR AGRIBISNIS PAKAN TERNAK UNGGAS 1 DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)
PADA SISWA KELAS XI JURUSAN AGRIBISNIS TERNAK UNGGAS SMK NEGERI 5 KOTA LANGSA SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
3
Yanti Rosa, S.Pd
SMP Negeri 1 Metro
MENINGKATKAN NILAI HASIL BELAJAR MATERI “CIRI-CIRI NEGARA BERKEMBANG DAN NEGARA MAJU”  DENGAN MENGGUNAKAN METODE BELAJAR DISCUSSION GROUP (DG)-GROUP PROJECT (GP) PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 METRO TP. 2011/2012
4
Heri Kristianto, S.E
(2 judul )
SMP Negeri 9 Metro
Judul 1 :

PENINGKATAN NILAI HASIL BELAJAR IPS SUB KOMPETENSI “KEGIATAN EKONOMI MASYARAKAT” MELALUI STRATEGI BELAJAR CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) BAGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 METRO  TP. 2014/2015

judul 2 :
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI “ATMOSFER DAN GEJALANYA” MELALUI PENERAPAN METODE BELAJAR COOPERATIVE LEARNING DI KELAS VII SMP NEGERI 9 METRO T.P 2014/2015
5
Skunda Putra , S.Si
SMK Negeri 4 Metro
PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KEJURUAN  DI KELAS X  JURUSAN MULTIMEDIA SMKN 4 METRO TP.2015/2016
6.
APRI ISYANI, S.E
( 2 JUDUL)
SMA MUHAMMADIYAH 2
Peningkatan Nilai Hasil Belajar Geografi sub Kompetensi “Litosfer” Melalui Strategi Belajar Contextual Teaching Learning (CTL) Bagi Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 2  TP.  2014/2015


PENGGUNAAN METODE BELAJAR  PRESENTASI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR MATERI “FENOMENA BIOSFER DAN ANTROPOSFER” PADA SISWA KELAS XI-1 SMA MUHAMMADIYAH 2 TAHUN PELAJARAN 2014/2015”
 

Pembahas


   a. Drs. AGUS JULIANDI , M.M : Dosen, Pengawas
   b. Drs. EDWARD, S.Pd, M.M : Pengawas
Saran-saran pembahas
Saran pembahas mencakup hampir seluruh bab dalam penelitian. Semua masukan serta saran pembahas terlampir pada catatan Notulen. Catatan notulen dilampirkan dihalaman belakang.

Contoh isi bab III

Penutup


Demikian laporan hasil seminar ini saya sampaikan, besar harapan saya kiranya apa yang telah dilaksanakan dapat memenuhi persyaratan kenaikan pangkat. Terima kasih. 


Semoga bermanfaat, salam dari Admin www.perangkatpenjas.com




 

0 Response to "Cara membuat laporan Seminar Hasil Penelitian Tindakan Kelas/PTK "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel