Alat Ukur Instrumen Pencapaian Hasil Belajar Penjas Kelas X
Alat Ukur Pencapaian Hasil Belajar Penjas, Alat ukur ini merupakan sebuah Instrumen yang akan digunakan untuk mengukur tingkat ketercapaian materi Penjas pasca pembelajaran. Instrumen ini bisa berbentuk Rubrik (untuk Psikomotor dan Afektif) bisa juga berbentuk butir Soal untuk mengukur ketercapaian kognitif.
ALAT UKUR KEMAMPUAN HASIL BELAJAR SISWA
Alat ukur yang dimaksud pada lembar ini adalah Instrumen Penilaian. Instrumen Penilaian dikategorikan sebagai Instrumen Penilaian Psikomotor, Instrumen Afektif dan Instrumen Penilaian Kognitif. Di bawah ini admin lampirkan beberapa contoh Instrumen Penilaian Penjas SMK/SMA:
Lembar Perancah Alat Ukur Penilaian Penjas Sesuai dengan SK KD Kelas X
Sekolah : ............................
Mapel :
PENJASKES
Kelas
: X (Semua Prodi) 1. Semester Ganjil
Tabel Perancah Alat Ukur sesuai SK KD
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Alat / Teknik Penilaian
|
1.
Mempraktikkan berbagai 1keterampilan permainan olahraga dalam bentuk
sederhana dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
|
1.1 Mempraktikkan keterampilan
bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran,
menghargai, semangat, dan percaya diri**)
1.3 Mempraktikkan keterampilan atletik dengan
menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai,
semangat, dan percaya diri**)
|
-
Rubric
Psikomotor
-
Tes soal
(kognitif)
-
Rubric Afektif
(sikap)
|
2.
Mempraktikkan latihan kebugaran jasmani dan cara mengukurnya sesuai
dengan kebutuhan dan nilai nilai yang
terkandung di dalamnya
|
2.1 Mempraktikkan latihan
kekuatan, kecepatan, daya tahan dan kelentukan untuk kebugaran jasmani dalam
bentuk sederhana serta nilai
tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri
2.2 Mempraktikkan tes kebugaran jasmani serta
nilai tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri.
2.3 Mempraktikkan perawatan tubuh agar tetap
segar
|
-
Rubric
Psikomotor
-
Tes soal
(kognitif)
-
Rubric Afektif
(sikap)
|
3. Mempraktikkan keterampilan rangkaian senam lantai dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya
|
3.1 Mempraktikkan rangkaian senam lantai dengan menggunakan
bantuan serta nilai percaya diri,
kerjasama, tanggungjawab, menghargai teman
3.2 Mempraktikkan rangkaian senam
lantai tanpa alat serta nilai percaya
diri, kerjasama dan tanggung jawab
|
-
Rubric
Psikomotor
-
Tes soal
(kognitif)
-
Rubric Afektif
(sikap)
|
5. Mempraktikkan salah satu gaya renang dan loncat
indah sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)
|
5.1
Mempraktikkan keterampilan dasar salah satu gaya renang serta nilai disiplin,
keberanian, tanggung jawab, dan kerja keras
5.2
Mempraktikkan keterampilan teknik dasar loncat indah dari samping kolam
dengan teknik serta nilai disiplin,
keberanian, tanggung jawab, dan kerja keras
|
-
Rubric
Psikomotor
-
Tes soal
(kognitif)
-
Rubric Afektif
(sikap)
|
7. Menerapkan budaya hidup sehat
|
7.1
Menganalisis bahaya penggunaan narkoba
7.2
Memahami berbagai peraturan perundangan tentang narkoba
|
-
Tes soal
(kognitif)
-
Rubric Afektif
(sikap)
|
2. Semester Genap
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Alat / Teknik Penilaian
|
8.
Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk
sederhana dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
|
8.1
Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga
beregu bola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta
nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri **)
8.3
Mempraktikkan keterampilan atletik dengan menggunakan peraturan yang
dimodifikasi serta
nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri **)
|
-
Rubric
Psikomotor
-
Tes soal (kognitif)
-
Rubric Afektif
(sikap)
|
9.
Mempraktikkan latihan kebugaran jasmani dan cara mengukurnya sesuai
dengan kebutuhan dan nilai nilai yang
terkandung di dalamnya
|
9.1
Mempraktikkan berbagai bentuk kebugaran jasmani sesuai dengan
kebutuhan serta nilai
kejujuran, tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri
9.2
Mempraktikkan tes kebugaran dan interpretasi hasil tes dalam
menentukan derajat kebugaran serta nilai kejujuran, semangat, tanggungjawab, disiplin, dan percaya
diri
|
-
Rubric
Psikomotor
-
Tes soal
(kognitif)
-
Rubric Afektif
(sikap)
|
10. Mempraktikkan keterampilan
rangkaian senam lantai dan nilai nilai
yang terkandung di dalamnya
|
10.1 Mempraktikkan keterampilan
rangkaian senam lantai dengan menggunakan alat serta nilai percaya diri, kerjasama,
tanggungjawab dan menghargai teman
|
-
Rubric
Psikomotor
-
Tes soal
(kognitif)
-
Rubric Afektif
(sikap)
|
11.
Mempraktikkan aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi yang baik dan
nilai nilai yang terkandung di dalamnya
|
11.1
Mempraktikkan kombinasi keterampilan langkah kaki dan ayunan lengan
pada aktivitas ritmik berirama tanpa alat serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan dan
estetika
|
-
Rubric
Psikomotor
-
Tes soal
(kognitif)
-
Rubrik Afektif (sikap)
|
12.
Mempraktikkan keterampilan beberapa
gaya renang dan pertolongan kecelakaan di air
dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya*)
|
12.1
Mempraktikkan kombinasi teknik
renang gaya dada, gaya bebas dan salah satu gaya lain serta
nilai disiplin, kerja keras keberanian dan tanggung jawab
12.2 Mempraktikkan
keterampilan dasar pertolongan kecelakaan di air dengan sistim Resusitasi
Jantung dan Paru (RJP) serta nilai disiplin, kerja keras keberanian dan tanggung jawab
|
-
Rubric Psikomotor
-
Tes soal
(kognitif)
-
Rubric Afektif
(sikap)
|
14. Menerapkan budaya hidup sehat
|
14.1
Menganalisis dampak seks bebas
14.2
Memahami cara menghindari seks bebas
|
-
Tes soal
(kognitif)
-
Rubric Afektif
(sikap)
|
Demikian pemaparan Admin www.perangkatpenjas.com
Semoga dapat bermanfaat bagi para pendidik di kelas sepuluh
0 Response to "Alat Ukur Instrumen Pencapaian Hasil Belajar Penjas Kelas X "
Post a Comment