-->

Alat Ukur Instrumen Pencapaian Hasil Belajar Penjas Kelas X


Alat Ukur Pencapaian Hasil Belajar Penjas, Alat ukur ini merupakan sebuah Instrumen yang akan digunakan untuk mengukur tingkat ketercapaian materi Penjas pasca pembelajaran. Instrumen ini bisa berbentuk Rubrik (untuk Psikomotor dan Afektif) bisa juga berbentuk butir Soal untuk mengukur ketercapaian kognitif.  

 

ALAT UKUR KEMAMPUAN HASIL BELAJAR SISWA

Alat ukur yang dimaksud pada lembar ini adalah Instrumen Penilaian. Instrumen Penilaian dikategorikan sebagai Instrumen Penilaian Psikomotor, Instrumen Afektif dan Instrumen Penilaian Kognitif. Di bawah ini admin lampirkan beberapa contoh Instrumen Penilaian Penjas SMK/SMA:

Lembar Perancah Alat Ukur Penilaian Penjas Sesuai dengan SK KD  Kelas  X

Sekolah                       : ............................
Mapel                          : PENJASKES
Kelas                           : X (Semua Prodi) 

1. Semester  Ganjil

Tabel Perancah Alat Ukur sesuai SK KD
 
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alat / Teknik Penilaian
1.   Mempraktikkan berbagai 1keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

1.1 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar  serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**)
1.3 Mempraktikkan keterampilan atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi  serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**)
-          Rubric Psikomotor
-          Tes soal (kognitif)
-          Rubric Afektif (sikap)
2.  Mempraktikkan latihan kebugaran jasmani dan cara mengukurnya sesuai dengan kebutuhan  dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya

2.1 Mempraktikkan latihan kekuatan, kecepatan, daya tahan dan kelentukan untuk kebugaran jasmani dalam bentuk sederhana  serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri
2.2 Mempraktikkan tes kebugaran jasmani  serta nilai tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri.
2.3  Mempraktikkan perawatan tubuh agar tetap segar  

-          Rubric Psikomotor
-          Tes soal (kognitif)
-          Rubric Afektif (sikap)
3. Mempraktikkan keterampilan rangkaian senam lantai  dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya

3.1  Mempraktikkan rangkaian  senam lantai dengan menggunakan bantuan  serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab, menghargai teman
3.2   Mempraktikkan rangkaian senam lantai tanpa alat  serta nilai percaya diri, kerjasama dan tanggung jawab



-          Rubric Psikomotor
-          Tes soal (kognitif)
-          Rubric Afektif (sikap)
5.   Mempraktikkan salah satu gaya renang dan loncat indah sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*)


5.1 Mempraktikkan keterampilan dasar salah satu gaya renang serta nilai disiplin, keberanian, tanggung jawab, dan kerja keras
5.2 Mempraktikkan keterampilan teknik dasar loncat indah dari samping kolam dengan teknik  serta nilai disiplin, keberanian, tanggung jawab, dan kerja keras

-          Rubric Psikomotor
-          Tes soal (kognitif)
-          Rubric Afektif (sikap)
7.  Menerapkan budaya hidup sehat
7.1 Menganalisis bahaya penggunaan narkoba
7.2 Memahami berbagai peraturan perundangan tentang narkoba

-          Tes soal (kognitif)
-          Rubric Afektif (sikap)




2. Semester Genap

 
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Alat / Teknik Penilaian
8.   Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
8.1  Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi  serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri **)

8.3  Mempraktikkan keterampilan atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi  serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri **)

-          Rubric Psikomotor
-          Tes soal (kognitif)
-          Rubric Afektif (sikap)
9.   Mempraktikkan latihan kebugaran jasmani dan cara mengukurnya sesuai dengan kebutuhan  dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya

9.1  Mempraktikkan berbagai bentuk kebugaran jasmani sesuai dengan kebutuhan  serta nilai kejujuran, tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri

9.2  Mempraktikkan tes kebugaran dan interpretasi hasil tes dalam menentukan derajat kebugaran  serta nilai kejujuran, semangat, tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri

-          Rubric Psikomotor
-          Tes soal (kognitif)
-          Rubric Afektif (sikap)
10. Mempraktikkan keterampilan rangkaian senam lantai  dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya

10.1 Mempraktikkan keterampilan rangkaian senam lantai dengan menggunakan alat  serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman

-          Rubric Psikomotor
-          Tes soal (kognitif)
-          Rubric Afektif (sikap)
11. Mempraktikkan aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi yang baik dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya

11.1  Mempraktikkan kombinasi keterampilan langkah kaki dan ayunan lengan pada aktivitas ritmik berirama tanpa alat  serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan dan estetika

-          Rubric Psikomotor
-          Tes soal (kognitif)
-          Rubrik  Afektif (sikap)
12.  Mempraktikkan keterampilan beberapa gaya renang dan pertolongan kecelakaan di air  dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya*)


12.1  Mempraktikkan kombinasi teknik renang gaya dada, gaya bebas dan salah satu gaya lain  serta nilai disiplin, kerja keras keberanian dan tanggung jawab

12.2 Mempraktikkan keterampilan dasar pertolongan kecelakaan di air dengan sistim Resusitasi Jantung dan Paru (RJP)  serta nilai disiplin, kerja keras keberanian dan tanggung jawab

-          Rubric Psikomotor
-          Tes soal (kognitif)
-          Rubric Afektif (sikap)
14. Menerapkan budaya hidup sehat
14.1  Menganalisis dampak seks bebas
14.2  Memahami cara menghindari seks bebas


-          Tes soal (kognitif)
-          Rubric Afektif (sikap)



Demikian pemaparan Admin www.perangkatpenjas.com 
Semoga dapat bermanfaat bagi para pendidik di kelas sepuluh


0 Response to "Alat Ukur Instrumen Pencapaian Hasil Belajar Penjas Kelas X "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel