-->

Definisi Pembelajaran dan Hasil Belajar


Definisi Pembelajaran dan Hasil Belajar : Memahami definisi pembelajaran akan mempermudah kita dalam melakukan proses pembelajaran itu sendiri. Pemahaman akan makna pembelajaran akan mampu memotivasi guru dan atau siswa untuk memunculkan beberapa kreatifitas yang sesuai dengan makna pembelajaran itu sendiri.   


Definisi dan Istilah Pembelajaran, Hasil Belajar dan Pemahaman

A. Definisi Pembelajaran

Menurut Peraturan menteri Pendidikan dan Kebudayaan  Nomor 103 tahun  2014;

Pasal 1
Ayat 1 :
Pembelajaran adalah proses interaksi antar peserta didik dan antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.

Ayat 2 :
(1) Pembelajaran dilaksanakan berbasis aktivitas dengan karakteristik:
a. interaktif dan inspiratif;
b. menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif;
c. kontekstual dan kolaboratif;
d. memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian peserta didik;
e. sesuai dengan bakat, minat, kemampuan, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

(2) Pembelajaran menggunakan pendekatan, strategi, model, dan metode yang mengacu pada   karakteristik sebagaimana dimaksud pada ayat (1).

(3) Pendekatan pembelajaran sebagaimana dimaksud pada ayat (2) merupakan cara pandang pendidik yang digunakan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang memungkinkan terjadinya proses pembelajaran dan tercapainya kompetensi yang ditentukan.

(4) Strategi pembelajaran sebagaimana dimaksud pada ayat (2) merupakan langkah-langkah sistematik dan sistemik yang digunakan pendidik untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang memungkinkan terjadinya proses pembelajaran dan tercapainya kompetensi yang ditentukan.

(5) Model pembelajaran sebagaimana dimaksud pada ayat (2) merupakan kerangka konseptual dan operasional pembelajaran yang memiliki nama, ciri, urutan logis, pengaturan, dan budaya.

(6) Metode pembelajaran sebagaimana dimaksud pada ayat (2) merupakan cara atau teknik yang digunakan oleh pendidik untuk menangani suatu kegiatan pembelajaran yang mencakup antara lain ceramah, tanya-jawab, diskusi.

(7) Pendekatan pembelajaran sebagaimana dimaksud pada ayat (3) menggunakan pendekatan saintifik/pendekatan berbasis proses keilmuan.

(8) Pendekatan saintifik/pendekatan berbasis proses keilmuan sebagaimana dimaksud pada ayat (7) merupakan pengorganisasian pengalaman belajar dengan urutan logis meliputi proses pembelajaran:
a. mengamati;
b. menanya;
c. mengumpulkan informasi/mencoba;
d. menalar/mengasosiasi; dan
e. mengomunikasikan.

(9) Urutan logis sebagaimana dimaksud pada ayat (8) dapat dikembangkan dan digunakan dalam satu atau lebih pertemuan.

(10) Pendekatan saintifik/pendekatan berbasis proses keilmuan sebagaimana dimaksud pada ayat (8) dilaksanakan dengan menggunakan modus pembelajaran langsung atau tidak langsung sebagai landasan dalam menerapkan berbagai strategi dan model pembelajaran sesuai dengan Kompetensi Dasar yang ingin dicapai.

      B. Hasil Belajar

   a. Pengertian Hasil Belajar
Menurut Chaplin (1992:159), hasil belajar merupakan suatu tingkatan khusus yang diperoleh sebagai hasil dari kecakapan, kepandaian, keahlian dan kemampuan didalam karya akademik yang dinilai oleh guru atau melalui tes prestasi. Pendapat Chaplin diatas mengandung pengertian bahwa prestasi itu hakikatnya berupa perubahan perilaku pada individu disekolah, perubahan tersebut terjadi setelah individu yang bersangkutan mengalami proses belajar mengajar tertentu.
Nasution (1972:45) berpendapat bahwa hasil belajar adalah kemampuan anak didik berdasarkan hasil dari pengalaman atau pelajaran setelah mengikuti program belajar secara periodik dengan selesainya proses belajar mengajar pada umumnya dilanjutkan dengan adanya suatu evaluasi, dimana evaluasi itu mengandung maksud untuk mengetahui kemampuan belajar atau penguasaan siswa terhadap materi yang diberikan oleh guru. Dari hasil belajar ini akan dapat diketahui hasil belajar siswa dinyatakan dalam bentuk nilai atau angka. Dengan demikian hasil belajar merupakan suatu nilai yang menunjukkan hasil belajar dari aktifitas yang berlangsung dalam interaksi aktif sebagai perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, keterampilan dan nilai sikap menurut kemampuan anak dalam perubahan baru.
Berdasarkan pengertian diatas tentang hasil belajar adalah suatu hasil yang telah dicapai oleh siswa setelah melaksanakan kegiatan baik berupa angka atau huruf dapat meningkat.


       b. Peningkatan Pemahaman
Yang dimaksud dengan peningkatan adalah Nomina (kata benda) proses, cara, perbuatan meningkatkan (usaha, kegiatan, dan sebagainya), sedangkan makna pemahaman adalah suatu kondisi di mana seseorang telah mengetahui, memahami bahkan mampu menalar akan suatu hal tertentu dari apa yang sudah dia pelajari. Sedangkan makna pemahaman didefinisikan proses berfikir dan belajar. Dikatakan demikian karena untuk menuju pemahaman perlu diikuti dengan proses belajar dan berfikir. Pemahaman merupakan sebuah proses, perbuatan dan cara memahami. Dalam taksonomi Bloom, pemahaman adalah kesanggupan memahami setingkat lebih tinggi dari pengetahuan.
Sedangkan, peingkatan pemahaman dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan untuk mampu memahami arti atau konsep, situasi serta fakta yang diketahuinya yag berkaitan dengan materi yang teliti, yaitu materi Meganalisis Hubungan Dasar Negara dengan Konstitusi.

 
       C. Hasil Belajar
Definisi dari hasil belajar adalah suatu hasil nyata yang dicapai oleh siswa dalam usaha menguasai kecakapan jasmani dan rohani di sekolah yang diwujudkan dalam bentuk raport pada setiap semester.
Kemampuan hasil belajar seseorang dipengaruhi oleh 3 faktor, yakni factor internal (factor dari dalam diri sendiri seperti inteligensi, bakat dan minat), factor eksternal dan factor pendekatan belajar.
Dari dasar diatas, yang dikaji dalam penelitian lebih mendalam pada factor internal siswa seperti peningkatan minat dan factor pendekatan belajar.


0 Response to "Definisi Pembelajaran dan Hasil Belajar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel