KKM, Kriteria Ketuntasan Minmal (KKM) merupakan standar nilai terendah yang harus dicapai oleh seorang peserta didik setelah melakukan pembelajaran. pengukuran ketuntasan dilihat setelah siswa menerima test tertentu yang sudah disiapkan oleh gurunya.
Penentuan Tingkat Ketuntasan
Berikut adalah langkah-langkah yang harus guru tetapkan terlebih dahulu sebagai acuan dalam menentukan tingkat ketuntasan siswa. penentuan ini disesuaikan dengan kondisi siswa, alat dan kompetensi guru itu sendiri.
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mata Pelajaran : PENJASKES
|
|
|
|
|
Kelas/ Program : XII
|
|
|
|
|
SEMESTER : GENAP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No
|
SK/ KD/ Indikator
|
KKM
|
|
Komp.
|
Intake
|
Daya Dukung
|
Total
|
|
7
|
Mempraktikkan berbagai
keterampilan dasar permainan
olahraga dengan teknik dan taktik , dan nilai nilai yang terkandung di
dalamnya
|
|
|
|
|
|
7.1
|
Mempraktikkan
keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras dan percaya diri **)
|
|
|
|
|
|
7.1.1
|
menerapkan dasar-dasar taktik,strategi penyerangan permainan bola
voli
|
75
|
75
|
75
|
75.00
|
|
7.1.2
|
merapkan nilai pantang
menyerah,jujur fair play
|
75
|
75
|
75
|
75.00
|
|
7.1.3
|
menerapkan dasar-dasar taktik,strategi penyerangan permainan bola
basket
|
|
|
|
|
|
7.1.4
|
merapkan nilai pantang
menyerah,jujur fair play
|
75
|
70
|
80
|
75.00
|
|
7.2
|
Mempraktikkan keterampilan teknik
bermain salah satu permainan
olahraga bola kecil secara sederhana
serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat dan percaya
diri
|
|
|
|
|
|
7.2.1
|
menerapkan dasar-dasar taktik,strategi penyerangan permainan
softball/kasti
|
75
|
75
|
75
|
75.00
|
|
7.2.2
|
merapkan nilai pantang
menyerah,jujur fair play
|
75
|
75
|
75
|
75.00
|
|
7.3
|
Mempraktikkan teknik salah atletik
dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran,
menghargai, percaya diri**)
|
|
|
|
|
|
7.3.1
|
melakukan pemantapan lompot tinggi
gaya stradlle
|
75
|
75
|
75
|
75.00
|
|
7.3.2
|
melakukan teknik
lempar cakram
|
75
|
75
|
75
|
75.00
|
|
7.4
|
Mempraktikkan teknik salah olah
raga bela diri dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran,
menghargai, percaya diri**)
|
|
|
|
|
|
7.4.1
|
melakukan teknik penyerangan
dengan menggunakan kaki
|
75
|
70
|
80
|
75.00
|
|
7.4.2
|
melakukan teknik
menghindar dari serangan lawan dengan kaki
|
|
|
|
|
|
7.4.3
|
melakukan teknik
serang dan hindar secara berpasangan
|
|
|
|
|
|
8
|
Meningkatkan kualitas
kebugaran jasmani dan cara pengukurannya
dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya
|
65
|
75
|
85
|
75.00
|
|
8.1
|
Mempraktikkan latihan sirkuit
untuk peningkatan kebugaran jasmani
serta nilai tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri
|
|
|
|
|
|
8.1.1
|
Melakukan latihan
sirkuit untuk meningkatkan unsur kelincahan
|
75
|
75
|
75
|
75.00
|
|
8.1.2
|
Melakukan latihan
sirkuit untuk meningkatkan unsur ketepatan dan reaksi
|
|
|
|
|
|
8.1.3
|
Melakukan latihan
sirkuit untuk meningkatkan unsur kekuatan dan kelentukan
|
75
|
75
|
75
|
75.00
|
|
8.2
|
percaya diri Mempraktikkan peningkatan beban
latihan sirkuit untuk meningkatkan kebugaran jasmani serta nilai
tanggungjawab, disiplin, dan
|
|
|
|
|
|
8.2.1
|
Melakukan
penambahan beban latihan sirkuit untuk meningkatkan unsur kelincahan
/ketepatan
|
|
75
|
75
|
75.00
|
|
8.2.2
|
Melakukan penambahan beban latihan sirkuit
untuk meningkatkan unsur reaksi/kekuatan
|
75
|
75
|
75
|
75.00
|
|
8.2.3
|
Melakukan penambahan beban latihan sirkuit
untuk meningkatkan unsur kecepatan /daya tahan
|
75
|
75
|
75
|
75.00
|
|
8.3
|
Mempraktikkan test pengukuran
untuk peningkatan kebugaran jasmani
serta nilai tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri
|
|
|
|
|
|
8.3.1
|
Melakukan test
sirkuit untuk meningkatkan unsur kelincahan /ketepatan
|
75
|
75
|
75
|
75.00
|
|
8.3.2
|
Melakukan testsirkuit untuk meningkatkan
unsur reaksi/kekuatan
|
75
|
75
|
75
|
75.00
|
|
8.3.3
|
Melakukan test sirkuit untuk meningkatkan
unsur kecepatan /daya tahan
|
75
|
75
|
75
|
75
|
|
9
|
Mempraktikkan
keterampilan senam ketangkasan tanpa
alat dan nilai nilai yang
terkandung di dalamnnya
|
|
|
|
|
|
9.1
|
Mempraktikkan keterampilan senam ketangkasan
dengan menggunakan alat lanjutan serta
nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab, menghargai teman
|
|
|
|
|
|
9.1.1
|
Mempraktikan senam lantai
handstand
|
75
|
75
|
75
|
75
|
|
9.2
|
Mempraktikkan keterampilan senam ketangkasan
dengan menggunakan alat lanjutan serta
nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab, menghargai teman
|
|
|
|
|
|
9.2.1
|
Mempraktikan senam lantai
handspring
|
75
|
75
|
75
|
75
|
|
10
|
Mempraktikkan
aktivitas ritmik menggunakan alat dengan koordinasi yang baik dan nilai yang terkandung di dalamnya
|
|
|
|
|
|
10.1
|
Mempraktikkan koombinasi gerak
berirama tanpa menggunakan alat dengan koordinasi serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan
keluwesan
|
|
|
|
|
|
10.1.1
|
Merangkai gerakan
aerobic tanpa alat
|
75
|
75
|
75
|
75
|
|
10.2
|
Mempraktikkan koombinasi gerak
berirama dengan menggunakan alat dengan koordinasi serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan
keluwesan
|
|
|
|
|
|
10.2.1
|
Merangkai gerakan
aerobic tanpa alat
|
75
|
75
|
75
|
75
|
|
11
|
Mempraktikkan dasar
pertolongan kecelakaan di air dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya*
|
|
|
|
|
|
11.1
|
Mempraktikkan
keterampilan kombinasi gerakan renang
serta nilai disiplin, kerja sama serta keberanian
|
|
|
|
|
|
11.1.1
|
melakukan gerakan kombinasi gaya
renang
|
75
|
75
|
75
|
75
|
|
.11.2
|
mempraktikkan keterampilan
dasar pertolongan kecelakaan di air dengan sistim Resusitasi Jantung dan Paru
(RJP) serta nilai disiplin dan
tanggungjawab
|
|
|
|
|
|
11.2,1
|
melakukan
penyelamatan kecelakaan di air dengan pernafasan
buatan untuk pertolongan kecelakaan di
air
|
75
|
75
|
75
|
75
|
|
12
|
mempraktikkan
perencanaan dan keterampilan penjelajahan, dan penyelamatan di alam
bebas dan nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya***)
|
|
|
|
|
|
12.1
|
Mempraktikkan keterampilan merencanakan
penjelajahan di perbukitan
|
|
|
|
|
|
12.1.1
|
Mengurus perijinan
memilih lokasi pengidentifikasian menentukan kebutuhan dan penjelajahan
|
75
|
75
|
75
|
75
|
|
12.2
|
Mempraktikkan
keterampilan dasar penyelamatan penjelajahan di perbukitan serta nilai disiplin, tanggungjawab dan
keselamatan
|
|
|
|
|
|
12.2.1
|
secara berkelompok
mengidentifikasi kecelakaanpada penjelajahan melakukan evakuasi korban
|
75
|
75
|
75
|
75
|
|
13
|
Menerapkan pola hidup sehat
|
|
|
|
|
|
13.1
|
Memahami cara pemanfaatan waktu luang untuk
kesehatan
|
|
|
|
|
|
13,1.1
|
Mendefinisikan
pengertian pemanfaatan waktu luang untuk
kesehatan
|
75
|
75
|
75
|
75
|
|
13.2
|
Menerapkan pola hidup sehat
|
|
|
|
|
|
13.2.1
|
Menyusun daftar
kegiatan rutin selama 24 jam berdasarkan pola hidup sehat
|
75
|
75
|
75
|
75
|
|
13.2.2
|
Melakukan evaluasi
mandiri terhadap rencana kegiatan rutin selama 24 jam berdasarkan pola hidup
sehat
|
75
|
75
|
75
|
75
|
|
|
JUMLAH KKM
|
|
|
|
75
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
0 Response to "Penentuan KKM Penjas SMK kelas 12 "
Post a Comment