-->

RPP PJOK SMK Kurikulum 2013; RPP Sepak Bola Kelas X SMK/SMA

RPP Sepak Bola SMK Kurikulum 2013; RPP merupakan instrumen perangkat ajar yang wajib dibuat untuk memandu jalannya pembelajaran sesuai dengan harapan guru pengampunya. Instrumen ini berisi tentang KI/KD, Kegiatan pembelajaran, Teknik Penilaian dan deskripsi penilaian dari pembelajaran sepak bola.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah       : SMKN 4 Metro
Mata pelajaran       : PJOK
Kelas / Semester    : X/Satu
Pertemuan ke         : 1, 2
Alokasi Waktu       : 2 x 45 menit

1. KOMPETENSI INTI

1.1   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.2   Menghayati dan mengamalkan prilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong) toleran, damai, santun, responsif , proaktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
1.3   Memahami , menerapkan, menganalisis pengetahuan vaktual, konseptual,prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusian, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan proseduran pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk menyelesaikan masalah.
1.4   Mengolah, menalar dan menyaji alam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan diri yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai dengan kaidah keilmuan  

2. KOMPETENSI DASAR

1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai.
1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan  sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3 Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5 Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6 Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7 Belajar menerima kekalahan dan kemenangan dari suatu permainan.

3.1 Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan salah satu nomor permaianan bola besar untuk menghasilkan koordinsi gerak yang baik
4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan salah satu nomor permainan bola besar dengan koordinasi gerak yang baik.

3. INDIKATOR

Aspek Psikomotor

3.1   Melakukan latihan mengumpan
3.2   Melakukan latihan mengontrol
3.3   Melakukan latihan menggiring
3.4   Bermain sepak bola dengan peraturan yang dimodifikasi

    Aspek Kognitif

  1. Memahami teknik dasar mengumpan
  2. Memahami teknik dasar mengontrol
  3. Memahami teknik dasar menggiring
  4. Memahami teknik dasar shooting
  5. Memahami peraturan dasar permainan sepak bola

    Aspek Afektif

  1. Sportif
  2. Bertanggung jawab
  3. Kebersamaam
  4. Displin
  5. Toleransi
  6. Menghargai perbedaan 

4. MATERI PEMBELAJARAN

      Sepak Bola

5. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan      : Scientific
Strategi            : Cooperative Learning
Metode            : Demonstrasi, analisis, cakupan, bagian dan keseluruhan, perlombaan

6.   MEDIA ALAT PEMBELAJARAN

  1. Lapangan bermain
  2. Bola kaki
  3. Tiang gawang
  4. Peluit
  5. Stop Watch
  6. Con/Corong

7. SUMBER PEMBELAJARAN

7.1   Media eleltronik

-        Audio/vidio/ visual tentang teknik dasar permainan sepak bola
-        Rekaman cuplikan pertandingan sepak bola

7.2   Media cetak

-        Buku pegangan guru kelas  X  ( Muhajir M, Penjaskes, Jakarta, Erlangga)
-        Buku permainan sepak bola

8. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

NO
KEGIATAN
URAIAN
ALOKASI WAKTU
1
PEMANASAN      
     1. Berbaris menjadi 4 bersap
     2. Berhitung dan Berdo’a
     3. Mengadakan absen kehadiran siswa
     4. Menyampaikan tujuan dan langkah-langkah   pembejaran
15 menit
2
INTI 

MENGAMATI

     1. Mengamati/ melihat cuplikan pertandingan sepak bola secara langsung dari vidio tentang teknik dasar mengumpan, mengontrol, menggiring dan menembak ke gawang
      2.      Membuat catatan dari hasil pengamatan

MENANYA

     1.Secara beargantian siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang hal-hal yang terjadi pada saat mengamati pertandingan dan latihan gerak dasar yang terjadi pada saat latihan berlangsung.

EKSPLORASI

     1. Mengumpan bola dengan berbagai variasi menggunakan kaki kanan dan kiri di tempat dan sambil bergerak secara individu berpasangan atau berkelompok dengan menunjukkkan nilai kerjasama, bertanggungjawab, menghargai perbedaan disiplin dan toleransi selama bermain.
      2.Mengontrol bola dengan berbagai variasi menggunakan kaki kanan dan kiri secara  individu berpasangan atau berkelompok dengan menunjukkkan bertanggungjawab dan disiplin.
      3.  Mengontrol bola dengan berbagai bagian tubuh
     4.      Menggiring bola dengan berbagai variasi dengan menggunkan satu kaki kiri dan kanan secara individu dengan menunjukkan tanggungjawab.
     5.      Menembak bola dengan berbagai variasi dari berbagai sudur gawang
     6.      Mengkombinasikan gerakan mengontrol dengan gerakan menendang menggunakan kaki kanan dan kiri
     7.      Mendiskusikan setiap teknik dasar ketrampilan gerak sepak bola (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi dan menembak bola ke gawang) serta membuat kesimpulan
     8.      Mendiskusikan kekuatan dan kelemahan yang sering dialakukan saat melakukan variasi teknik dasar permainan sepak bola (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi dan menembak bola ke gawang) serta membuat kesimpulan.
     9.      Mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dialkukan saat melakukan teknik dasar.

MENGASOSIASI

     1.      Membandingkan hasil pengamatan pertandingan sepak bola langsung(vidio) dengan penampilan gerak di kelas
     2.      Menemukan variasi  dan pola yang sesuai untuk kebutuhan sendiri
     3.      Menemukan dan menetapkan pola yang sesuai untuk lebutuhan individu peserta didik dengan menunjukkan prilaku yang sportif

MENGKOMUNIKASIKAN

    1.      Melakukan permainan sepak bola dengan menggunakan peraturan yang sesungguhnya.
    2.      Menunjukkan prilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenengan dengan tidak berlebihan
    3.      Memberikan saran perbaikan ketrampilan kepada teman selama permainan.
BERMAIN SEPAK BOLA SECARA SEDERHANA
45 menit






































































70 menit
3
PENDINGINA  N
    1. Siswa dibariskan/duduk santai diberikan koreksi dari hasil latihan dan diberi pengarahan
     2. Berbaris dan berdo’a
     3. Kembali ke kelas
10 menit



9. PENILAIAN

9.1   Teknik dan bentuk penilaian
-        Tes ketrampilan (psikomotor)
-        Lakukan koordinasi teknik dasar dan mengumpan, mengontrol, menggiring.
-        Unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan ketapatan kecepatan melakukan gerakan(penilaian produk/prestasi)

LEMBAR PENILAIAN PSIKOMOTOR SEPAK BOLA

NO
Nama Siswa
Mengunpan
Mengontrol
Menggiring
Jml
Nilai Proses
Nilai Produk
Nilai Akhir
1
2
3
4
Jml
1
2
3
4
Jml
1
2
3
4
Jml
1




















2




















3




















4




















5




















dst




















JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES ) : 9


                                   Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses=  -------------------------------------       x 100 %
                                      Jumlah skor maksimal



FORMAT PENILAIAN PENGAMATAN SIKAP SISWA (AFEKTIF)

KOMPETENSI DASAR                       ; BERPRILAKU SPORTIF
MATERI POKOK/SUB MATERI         ;MENGUMPAN,MENGONTROL,MENGGIRING DAN BERMAIN SEDERHANA

NO
NAMA SISWA
INDIKATOR PENILAIAN  SIKAP
Keterbukaan
Ketekunan Belajar
Kerajinan
Kedisiplinan
Ramah dengan teman
Hormat pada guru
Kejujuran
Menempati janji
Kepedulian
Tanggung
jawab
Nilai rata-rata
Keterangan
1













2













3













4













5













dst














Catatan ; Setiap aspek menggunakan skala 1 s/d 5
1= Sangat Kurang   
2= Kurang
3= Cukup
4= Baik
5=Amat Baik


LEMBAR PENILAIAN  PSIKOMOTOR SEPAK BOLA (MENGUMPAN) DENGAN KAKI BAGIAN DALAM  (UNSUR-UNSUR YANG DINILAI)
1.      Sikap Awal
Ø  Nilai 3
Kaki di samping  bola, badan sedikit condong ke depan, kaki tumpu diletakkan di       samping bola dengan ujung kaki menghadap ke sasaran, lutut sedikit ditekuk.
Ø  Nilai 2
Kaki di samping  bola, badan sedikit condong ke depan, kaki tumpu diletakkan di samping bola dengan ujung kaki menghadap ke sasaran, lutut tidak ditekuk.
Ø  Nilai 1
Kaki di belakang  bola, badan sedikit condong ke depan, kaki tumpu diletakkan di samping bola dengan ujung kaki menghadap ke sasaran, lutut tidak ditekuk.

2.      Sikap gerakan kaki
Ø  Nilai 3

Kaki berada di belakang bola dengan punggung kaki menghadap samping sasaran, kaki  ditarik ke belakang dan ayunkan ke depan hingga mengenai bola
Ø  Nilai 2
Kaki berada di samping bola dengan punggung kaki menghadap samping sasaran, kaki  ditarik ke belakang dan ayunkan ke depan hingga mengenai bola
Ø  Nilai 1
Kaki berada di samping depan bola dengan punggung kaki menghadap samping sasaran, kaki  ditarik ke belakang dan ayunkan ke depan hingga mengenai bola

3.      Sikap perkenaan
Ø  Nilai 3
Perkenaaan kaki pada bola tepat pada kaki bagian dalam (mata kaki)
Ø  Nilai 2
Perkenaaan kaki pada bola tepat pada kaki bagian samping 
Ø  Nilai 1
Perkenaaan kaki pada bola tepat pada kaki bagian punggung  kaki

4.      Sikap akhir
Ø  Nilai 3
Gerakan lanjutan kaki tendang diarahkan ke sasaran
Ø  Nilai 2
Gerakan lanjutan kaki tendang diarahkan ke samping sasaran
Ø  Nilai 1
Gerakan lanjutan kaki tendang tidak diarahkan ke sasaran

                                                           
                                                                                                                       

0 Response to "RPP PJOK SMK Kurikulum 2013; RPP Sepak Bola Kelas X SMK/SMA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel