RPP PJOK SMK Kurikulum 2013; RPP Sepak Bola Kelas X SMK/SMA
Nama
Sekolah : SMKN 4 Metro
Mata
pelajaran : PJOK
Kelas
/ Semester : X/Satu
Pertemuan
ke : 1, 2
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
1. KOMPETENSI INTI
1.1
Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
1.2
Menghayati dan mengamalkan prilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong) toleran, damai, santun,
responsif , proaktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
1.3
Memahami , menerapkan,
menganalisis pengetahuan vaktual, konseptual,prosedural, berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan
wawasan kemanusian, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan proseduran pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk menyelesaikan
masalah.
1.4
Mengolah, menalar dan menyaji alam
ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan diri yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai
dengan kaidah keilmuan
2. KOMPETENSI DASAR
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai.
1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3 Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5 Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6 Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7 Belajar menerima kekalahan dan kemenangan dari suatu permainan.
3.1 Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan salah satu nomor permaianan bola besar untuk menghasilkan koordinsi gerak yang baik
4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan salah satu nomor permainan bola besar dengan koordinasi gerak yang baik.
1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta
2.1 Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3 Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5 Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6 Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7 Belajar menerima kekalahan dan kemenangan dari suatu permainan.
3.1 Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan salah satu nomor permaianan bola besar untuk menghasilkan koordinsi gerak yang baik
4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan salah satu nomor permainan bola besar dengan koordinasi gerak yang baik.
3. INDIKATOR
Aspek Psikomotor
3.1
Melakukan latihan mengumpan
3.2
Melakukan latihan mengontrol
3.3
Melakukan latihan menggiring
3.4
Bermain sepak bola dengan
peraturan yang dimodifikasi
Aspek Kognitif
- Memahami teknik dasar mengumpan
- Memahami teknik dasar mengontrol
- Memahami teknik dasar menggiring
- Memahami teknik dasar shooting
- Memahami peraturan dasar permainan sepak bola
Aspek Afektif
- Sportif
- Bertanggung jawab
- Kebersamaam
- Displin
- Toleransi
- Menghargai perbedaan
4. MATERI PEMBELAJARAN
5. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Metode :
Demonstrasi, analisis, cakupan, bagian dan keseluruhan, perlombaan
6. MEDIA ALAT PEMBELAJARAN
- Lapangan bermain
- Bola kaki
- Tiang gawang
- Peluit
- Stop Watch
- Con/Corong
7. SUMBER PEMBELAJARAN
7.1 Media eleltronik
-
Audio/vidio/ visual tentang teknik
dasar permainan sepak bola
-
Rekaman cuplikan pertandingan
sepak bola
7.2 Media cetak
-
Buku pegangan guru kelas X (
Muhajir M, Penjaskes, Jakarta, Erlangga)
-
Buku permainan sepak bola
8. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO
|
KEGIATAN
|
URAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
1
|
PEMANASAN
|
1. Berbaris menjadi 4 bersap
2. Berhitung dan Berdo’a
3. Mengadakan absen kehadiran siswa
4. Menyampaikan tujuan dan
langkah-langkah pembejaran
|
15 menit
|
2
|
INTI
|
MENGAMATI
1. Mengamati/ melihat cuplikan
pertandingan sepak bola secara langsung dari vidio tentang teknik dasar
mengumpan, mengontrol, menggiring dan menembak ke gawang
2.
Membuat catatan dari hasil
pengamatan
MENANYA
1.Secara beargantian siswa diberi
kesempatan untuk bertanya tentang hal-hal yang terjadi pada saat mengamati
pertandingan dan latihan gerak dasar yang terjadi pada saat latihan
berlangsung.
EKSPLORASI
1. Mengumpan bola dengan berbagai
variasi menggunakan kaki kanan dan kiri di tempat dan sambil bergerak secara
individu berpasangan atau berkelompok dengan menunjukkkan nilai kerjasama,
bertanggungjawab, menghargai perbedaan disiplin dan toleransi selama bermain.
2.Mengontrol bola dengan berbagai
variasi menggunakan kaki kanan dan kiri secara individu berpasangan atau berkelompok dengan
menunjukkkan bertanggungjawab dan disiplin.
3. Mengontrol bola dengan berbagai
bagian tubuh
4.
Menggiring bola dengan berbagai
variasi dengan menggunkan satu kaki kiri dan kanan secara individu dengan
menunjukkan tanggungjawab.
5.
Menembak bola dengan berbagai
variasi dari berbagai sudur gawang
6.
Mengkombinasikan gerakan
mengontrol dengan gerakan menendang menggunakan kaki kanan dan kiri
7.
Mendiskusikan setiap teknik
dasar ketrampilan gerak sepak bola (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi
dan menembak bola ke gawang) serta membuat kesimpulan
8.
Mendiskusikan kekuatan dan
kelemahan yang sering dialakukan saat melakukan variasi teknik dasar
permainan sepak bola (mengumpan, mengontrol, menggiring, posisi dan menembak
bola ke gawang) serta membuat kesimpulan.
9.
Mendiskusikan bagaimana cara
memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dialkukan saat melakukan teknik
dasar.
MENGASOSIASI
1.
Membandingkan hasil pengamatan
pertandingan sepak bola langsung(vidio) dengan penampilan gerak di kelas
2.
Menemukan variasi dan pola yang sesuai untuk kebutuhan
sendiri
3.
Menemukan dan menetapkan pola
yang sesuai untuk lebutuhan individu peserta didik dengan menunjukkan prilaku
yang sportif
MENGKOMUNIKASIKAN
1.
Melakukan permainan sepak bola
dengan menggunakan peraturan yang sesungguhnya.
2.
Menunjukkan prilaku menerima
kekalahan dan mengekspresikan kemenengan dengan tidak berlebihan
3.
Memberikan saran perbaikan
ketrampilan kepada teman selama permainan.
BERMAIN SEPAK BOLA SECARA SEDERHANA
|
45 menit
70 menit
|
3
|
PENDINGINA N
|
1. Siswa dibariskan/duduk santai
diberikan koreksi dari hasil latihan dan diberi pengarahan
2. Berbaris dan berdo’a
3. Kembali ke kelas
|
10 menit
|
9. PENILAIAN
9.1
Teknik dan bentuk penilaian
-
Tes ketrampilan (psikomotor)
-
Lakukan koordinasi teknik dasar
dan mengumpan, mengontrol, menggiring.
-
Unsur-unsur yang dinilai adalah
kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan ketapatan kecepatan
melakukan gerakan(penilaian produk/prestasi)
LEMBAR PENILAIAN PSIKOMOTOR SEPAK BOLA
NO
|
Nama
Siswa
|
Mengunpan
|
Mengontrol
|
Menggiring
|
Jml
|
Nilai
Proses
|
Nilai
Produk
|
Nilai
Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
Jml
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Jml
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Jml
|
||||||
1
|
||||||||||||||||||||
2
|
||||||||||||||||||||
3
|
||||||||||||||||||||
4
|
||||||||||||||||||||
5
|
||||||||||||||||||||
dst
|
||||||||||||||||||||
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES ) : 9
|
Jumlah skor
yang diperoleh
Penilaian Proses=
------------------------------------- x 100 %
Jumlah skor maksimal
FORMAT PENILAIAN PENGAMATAN SIKAP
SISWA (AFEKTIF)
KOMPETENSI DASAR ; BERPRILAKU SPORTIF
MATERI POKOK/SUB
MATERI ;MENGUMPAN,MENGONTROL,MENGGIRING DAN
BERMAIN SEDERHANA
NO
|
NAMA
SISWA
|
INDIKATOR
PENILAIAN SIKAP
|
|||||||||||
Keterbukaan
|
Ketekunan Belajar
|
Kerajinan
|
Kedisiplinan
|
Ramah dengan teman
|
Hormat pada guru
|
Kejujuran
|
Menempati janji
|
Kepedulian
|
Tanggung
jawab
|
Nilai rata-rata
|
Keterangan
|
||
1
|
|||||||||||||
2
|
|||||||||||||
3
|
|||||||||||||
4
|
|||||||||||||
5
|
|||||||||||||
dst
|
Catatan ; Setiap aspek menggunakan
skala 1 s/d 5
1= Sangat Kurang
2= Kurang
3= Cukup
4= Baik
5=Amat Baik
|
LEMBAR PENILAIAN PSIKOMOTOR SEPAK BOLA (MENGUMPAN) DENGAN KAKI
BAGIAN DALAM (UNSUR-UNSUR YANG DINILAI)
1.
Sikap Awal
Ø Nilai 3
|
Kaki di samping bola, badan sedikit condong ke depan, kaki
tumpu diletakkan di samping bola
dengan ujung kaki menghadap ke sasaran, lutut sedikit ditekuk.
|
Ø Nilai 2
|
Kaki di samping bola, badan sedikit condong ke depan, kaki
tumpu diletakkan di samping bola dengan ujung kaki menghadap ke sasaran,
lutut tidak ditekuk.
|
Ø Nilai 1
|
Kaki di belakang bola, badan sedikit condong ke depan, kaki
tumpu diletakkan di samping bola dengan ujung kaki menghadap ke sasaran,
lutut tidak ditekuk.
|
2.
Sikap gerakan kaki
Ø Nilai 3
|
Kaki berada di belakang bola dengan
punggung kaki menghadap samping sasaran, kaki
ditarik ke belakang dan ayunkan ke depan hingga mengenai bola
|
Ø Nilai 2
|
Kaki berada di samping bola dengan
punggung kaki menghadap samping sasaran, kaki
ditarik ke belakang dan ayunkan ke depan hingga mengenai bola
|
Ø Nilai 1
|
Kaki berada di samping depan bola
dengan punggung kaki menghadap samping sasaran, kaki ditarik ke belakang dan ayunkan ke depan
hingga mengenai bola
|
3.
Sikap perkenaan
Ø Nilai 3
|
Perkenaaan kaki pada bola tepat
pada kaki bagian dalam (mata kaki)
|
Ø Nilai 2
|
Perkenaaan kaki pada bola tepat
pada kaki bagian samping
|
Ø Nilai 1
|
Perkenaaan kaki pada bola tepat
pada kaki bagian punggung kaki
|
4.
Sikap akhir
Ø Nilai 3
|
Gerakan lanjutan kaki tendang
diarahkan ke sasaran
|
Ø Nilai 2
|
Gerakan lanjutan kaki tendang
diarahkan ke samping sasaran
|
Ø Nilai 1
|
Gerakan lanjutan kaki tendang tidak
diarahkan ke sasaran
|
0 Response to "RPP PJOK SMK Kurikulum 2013; RPP Sepak Bola Kelas X SMK/SMA"
Post a Comment