-->

RPP PJOK SMK Kurikulum 2013; RPP Bola Voli Kelas X SMK

RPP PJOK SMK Kurikulum 2013; RPP Bola Voli Kelas X SMK, berisi kajian KI/KD, Proses pembelajaran, Teknik Penilaian dan Sumber Ajar



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah     : SMK ............
Mata Pelajaran    : Penjaskes
Kelas/Semester    : X/1
Materi Pokok       : Bola Voli
Pertemuan Ke-     : 4,5 DAN 6
Alokasi Waktu     :

I.  Kompetensi Inti :

1.     Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.     Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, gotong royong, kerja sama, toleran, damai, santun, responsif, dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.     Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.     Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

II.   Kompetensi Dasar :
1.1   Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan yang tidak ternilai.
1.2    Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang pencipta.
2.1  Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2  Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.
2.3  Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4  Menunjukkan kemauan kerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.5  Toleransi dan mau berbagi dengan teman dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6  Disiplin selama melakukan berbagai aktfifitas fisik.
2.7  Belajar menerima kekalahan dan kemenangan dari suatu permainan.
3.3  Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
4.3  Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan dalam memainkan salah satu permainan bola besar dengan koordinasi gerak yang baik
                                                                          
III.  Indikator :
1.     Menunjukkan kemauan kerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.     Belajar menerima kekalahan dan kemenangan dari suatu permainan.
3.     Menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
4.     Mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan dalam memainkan salah satu permainan bola besar dengan koordinasi gerak yang baik

IV.    Tujuan Pembelajaran  :
1.     Siswa selalu menunjukkan kemauan kerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.     Siswa mencoba belajar menerima kekalahan dan kemenangan dari suatu permainan.
3.     Siswa dengan cermat menganalisis variasi dan kombinasi keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik.
4.     Siswa dengan sungguh-sungguh mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan dalam memainkan salah satu permainan bola besar dengan koordinasi gerak yang baik

V.     Materi Pembelajaran : 
       Bola Voli

VI.  Metode Pembelajaran :
1.       Demontrasi
2.       Inclusive (cakupan)
3.       Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4.       Permainan (game)
5.       Saling menilai sesama teman  (Resiprocal)

VII.          Media dan Alat Pembelajaran            :
1.     Lapangan bola voli           3. Bola
2.     Net/jaring                          4. Peluit

VIII.        Sumber Pembelajaran : Buku Penjasorkes SMK kelas X, Tim Puskurbuk Kemdikbud, Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud.

   Langkah-langkah Pembelajaran :

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan
a.      Siswa berbaris, berdoa, presensi, kemudian diberikan apersepsi dan motivasi yang berkaitan dengan materi bola voli baik secara teori maupun prakter, serta diberikan penjelasan mengenai tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi tersebut
b.     Siswa berlari mengelilingi lapangan bolavoli kemudian diberikan pemanasan baik statis maupun dinamis
c.      Siswa melakukan pemanasan khusus bolavoli dalam bentuk permainan sederhana
20 Menit
Kegiatan Inti
a.      Siswa dengan cermat mengamati pertandingan bola voli yang ditayangkan oleh guru dan membuat catatan tentang variasi dan kombinasi teknik dasar bola voli (passing bawah, passing atas, servis, dan smash).
b.     Siswa berbagi tugas ada yang bermain bola voli dan ada yang mengamati pertandingan tersebut, dan membuat catatan tentang tentang variasi dan kombinasi (passing bawah, passing atas, servis, dan smash) yang dilakukan oleh temannya selama bermain kemudian bergantian.
c.      Siswa yang bertugas mengamati mengajukan pertanyaan hasil dari pengamatannya.
d.     Semua siswa mencoba melakukan passing bawah dengan berbagai variasi secara individual, berpasangan, dan berkelompok.
e.      Semua siswa mencoba melakukan passing atas dengan berbagai variasi secara individual, berpasangan, dan berkelompok.
f.      Semua siswa mencoba melakukan servis dengan berbagai variasi secara individual dan berpasangan.
g.     Semua siswa mencoba melakukan smesh dengan berbagai variasi secara individual, berpasangan, dan berkelompok.
h.     Mengkombinasikan gerak melompat dan memukul bola
i.       Siswa mendiskusikan setiap teknik dasar variasi teknik permaian bola voli (passing bawah, passing atas, servis, dan smash)  dengan benar dan membuat kesimpulannya.
j.       Siswa mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan teknik variasi permaian bola voli permainan bola  voli (passing bawah, passing atas, servis, dan smash)  dengan benar dan membuat kesimpulannya.
k.     Siswa mendiskusikan bagaimana cara memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan variasi teknik dasar permaian bola voli (passing bawah, passing atas, servis, dan smash)  dengan benar dan membuat  kesimpulannya.
l.       Semua siswa mencoba melakukan permainan bola voli dengan menggunakan peraturan yang sesungguhnya dengan menerapkan variasi dan kombinasi teknik permainan bola voli (passing bawah, passing atas, servis, dan smash)  serta menunjukkan perilaku  kerjasama,  bertanggung jawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi selama bermain.
m.   Semua siswa menunjukkan perilaku menerima kekalahan dan mengekspresikan kemenangan tidak berlebih
n.     Siswa memberikan saran perbaikan keterampilan kepada teman selama melakukan permianan
95 Menit
Kegiatan Penutup
a.      Pendinginan (colling down).
b.     Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari.
c.      Siswa diberikan tugas untuk mencari hal-hal yang berkaitan dengan materi bola voli.
d.     Siswa diberikan gambaran tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
Berbaris dan berdoa.
20 Menit



XI. Penilaian

1.          Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan teknik dasar passing, servis dan smash, unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan ketepatan dan ketepatan melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).
·            Contoh penilaian proses teknik dasar permainan bolavoli (Penilaian keterampilan kecabangan)
 No
Nama Siswa
Passing
Servis
Smash
Jml
Nilai Proses
Nilai Produk
Nilai Akhir
1
2
3
4
Σ
1
2
3
4
Σ
1
2
3
4
Σ
1.




















2.




















3.




















Dst.




















JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES) : 12



                   Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses  =  ----------------------------------------- X  100%
                      Jumlah skor maksimal

·            Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (passing bawah dan passing atas) bola dilambungkan sendiri oleh tester/siswa) selama 30 detik.
Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
…… > 30 kali
…… > 25 kali
100%
Sangat Baik
22 – 29 kali
18 – 24 kali
90%
Baik
14 – 21 kali
13 – 17 kali
80%
Cukup
7 – 13 kali
6 – 12 kali
70%
Kurang
……. <  7 kali
……. <  6 kali
60%
Kurang Sekali

·            Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (servis bawah) melewati net/jaring sebanyak 6 kali servis bawah (Skor maksimal 6 X 5 = 30).
Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
…… > 25 angka
…… > 20 angka
100%
Sangat Baik
18 – 24 angka
15 – 19 angka
90%
Baik
13 – 17 angka
12 – 16 angka
80%
Cukup
8 – 12 angka
7 – 11 angka
70%
Kurang
……. <  8 angka
……. <  7 angka
60%
Kurang Sekali
·            Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (Smash) melewati net/jaring sebanyak 6 kali smash (Skor maksimal 6 X 5 = 30).
Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
…… > 25 angka
…… > 20 angka
100%
Sangat Baik
20 – 24 angka
15 – 19 angka
90%
Baik
15 – 19 angka
10 – 14 angka
80%
Cukup
10 – 14 angka
7 – 9 angka
70%
Kurang
……. <  10 angka
……. <  7 angka
60%
Kurang Sekali

2.          Tes Sikap (Afektif)
Contoh penilaian afektif (Affective Behaviors)
Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.
No
Nama Siswa
Aspek Sikap Yang Dinilai
Σ
NA
Kerjasama
Kejujuran
Menghargai
Semangat
Percaya diri
Sportivitas


1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3


1.





















2.





















3.





















4.





















5.





















6.





















7.





















8.





















9.





















10.





















dst





















JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI SIKAP) : 18

                 Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif  =  ----------------------------------------- X  100%
                    Jumlah skor maksimal



3.       Tes Pengetahuan (Kognitif)
Contoh format penilaian pembelajaran teknik dasar permainan bolavoli :
No.
Nama Siswa
Butir-butir Pertanyaan
Σ
NA
Soal No.1
Soal No.2
Soal No.3
Soal No.4
Soal No.5
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1.


















2.


















3.


















4.


















dst


















JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI KOGNITIF) : 20


                    Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif  =  ----------------------------------------- X  100%
                       Jumlah skor maksimal
      Contoh Butir Pertanyaan

No
Butir Pertanyaan
1.
Sebutkan macam-macam teknik permainan bolavoli!
2.
Jelaskan tujuan permainan bolavoli!
3.
Jelaskan cara melakukan passing bawah permainan bolavoli!
4.
Jelaskan cara melakukan passing atas permainan bolavoli!
5.
Jelaskan cara melakukan servis atas permainan bolavoli!

4.          Rekapitulasi Penilaian

No.
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Jumlah
Nilai Akhir
Kriteria
Psikomotor
Afektif
Kognitif
1.







2.







3.







4.







5.







6.







7.







NIlai Rata-rata






                  Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir (NA)  =  -----------------------------------------
                     Tiga Aspek Penilaian

Keterangan :
  • Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara           = 91 – 100%
  • Mendapat nilai Baik, jika skor antara                       = 80 – 90%
  • Mendapat nilai Cukup, jika skor antara                    = 70 – 79%
  • Mendapat nilai Kurang, jika skor antara                   = 60 – 69%
  • Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara        = Kurang dari 60%


Metro, 19 Juli 2017
Mengetahui,
Kepala sekolah                                                           Guru PJOK


..........................                                                         ................................

0 Response to "RPP PJOK SMK Kurikulum 2013; RPP Bola Voli Kelas X SMK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel