-->

Instrumen Penilaian Pembelajaran Oleh Kepala Sekolah


Instrumen Penilaian, Instrumen penilaian merupakan suatu jenis alat menilai yang digunakan oleh kepala sekolah untuk menentukan derajat atau kualitas pengajaran seorang guru. lembaran ini memiliki bebebrapa point penting yang menunjukan kualitas kinerja seorang guru. pada lembar ini, kepala sekolah tinggal memberikan lingkaran pada nilai yang sesuai dengan kinerja guru yang dinilainya.




INSTRUMEN
PENILAIAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
OLEH KEPALA SEKOLAH


        IDENTITAS PESERTA

1. Nama
...................................................
2. NIP/NRG

...................................................
3. NUPTK

...................................................
4. Pangkat/Golongan      

5.Jenis Kelamin

...................................................
6. Tempat, tgl lahir

:...................................................
7. Pendidikan Terakhir

: ...................................................
8. Sertifikat Pendidik

: Memiliki. BIDANG PJOK
9. Sekolah Tempat Tugas

a. Nama

...................................................
b. Alamat Sekolah

...................................................
c. Kecamatan

:  ...................................................
d. Kabupaten/                      

Provinsi

:...................................................
f. No. Telp. Sekolah

: -
g. Alamat e-mail

: ...................................................
10. Mata Pelajaran/Guru Kelas

: PJOK
11. Beban Mengajar per Minggu

:........................................

INSTRUMEN
PENILAIAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
OLEH KEPALA SEKOLAH


Nama                 : ...................................................
NUPTK             : ...................................................
Instansi              : ...................................................
Mata Pelajaran  : PJOK
Petunjuk
Berilah skor pada butir-butir pelaksanaan pembelajaran dengan cara melingkari angka pada kolom skor (1, 2, 3, 4) sesuai dengan kriteria sebagai berikut.
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup baik
4 = sangatbaik

NO
INDIKATOR/ASPEK YANG DIAMATI
SKOR
I
PRAPEMBELAJARAN
1.
Mempersiapkan siswa untuk belajar
1       2       3         4
2.
Melakukan kegiatan apersepsi
1       2       3         4
II
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN
A.
Penguasaan materi pelajaran
3.
Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran
1       2       3         4
4.
Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan
1       2       3         4
5.
Menyampaikan materi dengan jelas, sesuai dengan hierarki belajar dan karakteristik siswa
1       2       3         4
6.
Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan
1       2       3         4
B.
Pendekatan/strategi pembelajaran
7.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai dan karakaterstik siswa
1       2       3         4
8.
Melaksanakan pembelajaran secara runtut
1       2       3         4
9.
Menguasai kelas
1       2       3         4
10.
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual
1       2       3         4
11.
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif
1       2       3         4
12.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
1       2       3         4


C.

Pemanfaatan sumber belajar /media pembelajaran
13.
Menggunakan media secara efektif dan efisien
1       2       3         4
14.
Menghasilkan pesan yang menarik
1       2       3         4
15.
Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media
1       2       3         4
D.
Pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa
16.
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran
1       2       3         4
17.
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons siswa
1       2       3         4
18.
Menumbuhkan keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar
1       2       3         4
E.
Penilaian proses dan hasil belajar
19.
Memantau kemajuan belajar selama proses
1       2       3         4
20.
Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan)
1       2       3         4
F.
Penggunaan bahasa
21.
Menggunakan bahasa lisan dan tulis secara jelas, baik, dan benar
1       2       3         4
22.
Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai
1       2       3         4
III
PENUTUP
23.
Melakukan refleksi
24.
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan
1       2       3         4

Total Skor (jumlahkan seasuai dengan angka yang dilingkari. Skor terrendah 24, skor tertinggi 96








Dengan ini saya menyatakan bahwa penilaian yang saya lakukan sesuai dengan kondisi Guru berprestasi jenjang SMK yang sebenarnya, dan apabila di kemudian hari ternyata pernyataan saya tidak benar, saya bersedia mempertanggungjawabkannya.

Metro, ...........................
Kepala Sekolah




...................................................
NIP....................................................







INSTRUMEN
REKAP PENILAIAN KINERJA
OLEH KEPALA SEKOLAH


Nama                 : ...................................................
NUPTK             : ...................................................
Instansi              : ...................................................
Mata Pelajaran  : PJOK

Petunjuk
Berilah penilaian kompetensi kepribadian dan sosial guru, dengan cara melingkari angka pada kolom skor (1, 2, 3, 4) sesuai dengan kriteria sebagai berikut.
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup baik
4 = sangat baik


No
Aspek yang dinilai
Skor
1
Ketaatan dalam menjalankan ajaran agama (rajin menjalankan ajaran agama yang dianut, misal: orang muslim rajin menjalankan sholat, orang Kristiani rajin ke gereja, dll.)

1       2       3       4
2
Tanggung jawab (sanggup menyelesaikan tugas sesuai dengan ketentuan, misal: melaksanakan pembelajaran dengan baik dan sesuai jadwal)

1       2       3       4
3
Kejujuran (menyampaikan sesuatu apa adanya, misal: ijin tidak masuk atau tidak mengajar dengan alasan yang sebenarnya)

1       2       3       4
4
Kedisiplinan (kepatuhan terhadap ketentuan yang berlaku, misal mulai dan mengakhiri kegiatan pembelajaran sesuai dengan jadwal)

1       2       3       4
5
Keteladanan (menjadi contoh atau rujukan dalam sikap dan perilaku bagi orang lain, misal: menjadi teladan bagi sejawat dan peserta didik dalam tutur kata, berpakaian, dll.)

1       2       3       4
6
Etos kerja (komitmen dan semangat dalam melaksanakan tugas, misal yang memiliki etos kerja tinggi, bersemangat melaksanakan dan mentaati kaidah-kaidah dalam tugas)

1       2       3       4
7
Inovasi dan kreativitas (kemampuan dan kemauan untuk mengadakan pembaharuan melalui olah pikirnya, misal selalu berusaha menggunakan alam sekitar dan bahan-bahan yang ada di sekitarnya dalam proses pembelajaran di kelas, menulis buku, membuat alat peraga pembelajaran, membuat karya seni, dan sebagainya)

1       2       3       4
8
Kemampuan menerima kritik dan saran (perilaku dalam merespon kritik dan saran dari orang lain, misal mendapat kritik tidak marah dan akomodatif terhadap saran orang lain)

1       2       3       4
9
Kemampuan berkomunikasi (dapat menyampaikan ide-idenya dengan bahasa yang baik dan dapat dipahami oleh sasaran, misal: dalam keseharian dapat berkomunikasi secara baik dengan sejawat)

1       2       3       4
10
Kemampuan bekerja sama
1       2       3       4
11
Keberhasilan melakukan pembimbingan siswa, misalnya: untuk lomba olimpiade dan kegiatan ekstrakurikuler lainnya

1       2       3       4

Skor Total (jumlahkan angka yang dilingkari)
Skor terendah 11, skor tertinggi 44







Dengan ini saya menyatakan bahwa penilaian yang saya lakukan sesuai dengan kondisi Guru berprestasi jenjang SMA/SMK yang sebenarnya, dan apabila di kemudian hari ternyata pernyataan saya tidak benar, saya bersedia mempertanggungjawabkannya.



Metro, ...........................................
Kepala Sekolah



                                                                                     ...................................................
  NIP...................................................

0 Response to "Instrumen Penilaian Pembelajaran Oleh Kepala Sekolah "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel