Instrumen Penilaian Pembelajaran Oleh Kepala Sekolah
Instrumen Penilaian, Instrumen penilaian merupakan suatu jenis alat menilai yang digunakan oleh kepala sekolah untuk menentukan derajat atau kualitas pengajaran seorang guru. lembaran ini memiliki bebebrapa point penting yang menunjukan kualitas kinerja seorang guru. pada lembar ini, kepala sekolah tinggal memberikan lingkaran pada nilai yang sesuai dengan kinerja guru yang dinilainya.
INSTRUMEN
PENILAIAN
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
OLEH KEPALA SEKOLAH
IDENTITAS PESERTA
1. Nama
|
................................................... |
2. NIP/NRG
|
................................................... |
3. NUPTK
|
...................................................
|
4. Pangkat/Golongan
|
|
5.Jenis Kelamin
|
...................................................
|
6. Tempat, tgl lahir
|
:...................................................
|
7. Pendidikan Terakhir
|
: ...................................................
|
8. Sertifikat Pendidik
|
: Memiliki. BIDANG PJOK
|
9. Sekolah Tempat Tugas
|
|
a. Nama
|
...................................................
|
b. Alamat Sekolah
|
...................................................
|
c. Kecamatan
|
: ...................................................
|
d. Kabupaten/
|
|
Provinsi
|
:...................................................
|
f. No. Telp. Sekolah
|
: -
|
g. Alamat e-mail
|
: ...................................................
|
10. Mata Pelajaran/Guru Kelas
|
: PJOK
|
11. Beban Mengajar per Minggu
|
:........................................
|
INSTRUMEN
PENILAIAN
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
OLEH KEPALA SEKOLAH
Nama
: ...................................................
NUPTK
: ...................................................
Instansi
: ...................................................
Mata Pelajaran : PJOK
Petunjuk
Berilah skor
pada butir-butir pelaksanaan pembelajaran dengan cara melingkari angka pada
kolom skor (1, 2, 3, 4) sesuai dengan kriteria sebagai berikut.
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup baik
4 = sangatbaik
NO
|
INDIKATOR/ASPEK
YANG DIAMATI
|
SKOR
|
|||
I
|
PRAPEMBELAJARAN
|
||||
1.
|
Mempersiapkan siswa untuk belajar
|
1 2
3 4
|
|||
2.
|
Melakukan kegiatan apersepsi
|
1 2
3 4
|
|||
II
|
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN
|
||||
A.
|
Penguasaan materi pelajaran
|
||||
3.
|
Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran
|
1 2
3 4
|
|||
4.
|
Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan
|
1 2
3 4
|
|||
5.
|
Menyampaikan materi dengan jelas, sesuai dengan hierarki
belajar dan karakteristik siswa
|
1 2
3 4
|
|||
6.
|
Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan
|
1 2
3 4
|
|||
B.
|
Pendekatan/strategi pembelajaran
|
||||
7.
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan)
yang akan dicapai dan karakaterstik siswa
|
1 2
3 4
|
|||
8.
|
Melaksanakan pembelajaran secara runtut
|
1 2
3 4
|
|||
9.
|
Menguasai kelas
|
1 2
3 4
|
|||
10.
|
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual
|
1 2
3 4
|
|||
11.
|
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya
kebiasaan positif
|
1 2
3 4
|
|||
12.
|
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
|
1 2 3 4
|
|||
C.
|
Pemanfaatan
sumber belajar /media pembelajaran
|
||||
13.
|
Menggunakan
media secara efektif dan efisien
|
1 2 3 4
|
|||
14.
|
Menghasilkan
pesan yang menarik
|
1 2 3 4
|
|||
15.
|
Melibatkan
siswa dalam pemanfaatan media
|
1 2 3 4
|
|||
D.
|
Pembelajaran
yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa
|
||||
16.
|
Menumbuhkan
partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran
|
1 2 3 4
|
|||
17.
|
Menunjukkan
sikap terbuka terhadap respons siswa
|
1 2 3 4
|
|||
18.
|
Menumbuhkan
keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar
|
1 2 3 4
|
|||
E.
|
Penilaian
proses dan hasil belajar
|
||||
19.
|
Memantau
kemajuan belajar selama proses
|
1 2 3 4
|
|||
20.
|
Melakukan
penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan)
|
1 2 3 4
|
|||
F.
|
Penggunaan
bahasa
|
||||
21.
|
Menggunakan
bahasa lisan dan tulis secara jelas, baik, dan benar
|
1 2 3 4
|
|||
22.
|
Menyampaikan
pesan dengan gaya yang sesuai
|
1 2 3 4
|
|||
III
|
PENUTUP
|
||||
23.
|
Melakukan
refleksi
|
||||
24.
|
Melaksanakan
tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai
bagian remidi/pengayaan
|
1 2 3 4
|
|||
Total Skor (jumlahkan seasuai dengan angka yang
dilingkari. Skor terrendah 24, skor tertinggi 96
|
|||||
Dengan
ini saya menyatakan bahwa penilaian yang saya lakukan sesuai dengan kondisi
Guru berprestasi jenjang SMK yang sebenarnya, dan apabila di kemudian hari
ternyata pernyataan saya tidak benar, saya bersedia mempertanggungjawabkannya.
Metro, ...........................
Kepala Sekolah
...................................................
NIP....................................................
|
INSTRUMEN
REKAP PENILAIAN
KINERJA
OLEH KEPALA SEKOLAH
Nama
: ...................................................
NUPTK
: ...................................................
Instansi
: ...................................................
Mata Pelajaran : PJOK
Petunjuk
Berilah penilaian kompetensi kepribadian dan sosial guru, dengan
cara melingkari angka pada kolom skor (1, 2, 3, 4) sesuai dengan kriteria
sebagai berikut.
1 = sangat kurang
2 = kurang
|
3 = cukup baik
4 = sangat baik
|
||
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
|
1
|
Ketaatan
dalam menjalankan ajaran agama (rajin menjalankan ajaran agama yang dianut,
misal: orang muslim rajin menjalankan sholat, orang Kristiani rajin ke
gereja, dll.)
|
1 2 3 4
|
|
2
|
Tanggung
jawab (sanggup menyelesaikan tugas sesuai dengan ketentuan, misal:
melaksanakan pembelajaran dengan baik dan sesuai jadwal)
|
1 2 3 4
|
|
3
|
Kejujuran
(menyampaikan sesuatu apa adanya, misal: ijin tidak masuk atau tidak mengajar
dengan alasan yang sebenarnya)
|
1 2 3 4
|
|
4
|
Kedisiplinan
(kepatuhan terhadap ketentuan yang berlaku, misal mulai dan mengakhiri
kegiatan pembelajaran sesuai dengan jadwal)
|
1 2 3 4
|
|
5
|
Keteladanan
(menjadi contoh atau rujukan dalam sikap dan perilaku bagi orang lain, misal:
menjadi teladan bagi sejawat dan peserta didik dalam tutur kata, berpakaian,
dll.)
|
1 2 3 4
|
|
6
|
Etos
kerja (komitmen dan semangat dalam melaksanakan tugas, misal yang memiliki
etos kerja tinggi, bersemangat melaksanakan dan mentaati kaidah-kaidah dalam
tugas)
|
1 2 3 4
|
|
7
|
Inovasi
dan kreativitas (kemampuan dan kemauan untuk mengadakan pembaharuan melalui
olah pikirnya, misal selalu berusaha menggunakan alam sekitar dan bahan-bahan
yang ada di sekitarnya dalam proses pembelajaran di kelas, menulis buku,
membuat alat peraga pembelajaran, membuat karya seni, dan sebagainya)
|
1 2 3 4
|
|
8
|
Kemampuan
menerima kritik dan saran (perilaku dalam merespon kritik dan saran dari
orang lain, misal mendapat kritik tidak marah dan akomodatif terhadap saran
orang lain)
|
1 2 3 4
|
|
9
|
Kemampuan
berkomunikasi (dapat menyampaikan ide-idenya dengan bahasa yang baik dan
dapat dipahami oleh sasaran, misal: dalam keseharian dapat berkomunikasi
secara baik dengan sejawat)
|
1 2 3 4
|
|
10
|
Kemampuan
bekerja sama
|
||
11
|
Keberhasilan
melakukan pembimbingan siswa, misalnya: untuk lomba olimpiade dan kegiatan
ekstrakurikuler lainnya
|
1 2 3 4
|
|
Skor
Total (jumlahkan angka yang dilingkari)
Skor
terendah 11, skor tertinggi 44
|
|||
Dengan ini saya menyatakan bahwa penilaian yang saya lakukan
sesuai dengan kondisi Guru berprestasi jenjang SMA/SMK yang sebenarnya, dan
apabila di kemudian hari ternyata pernyataan saya tidak benar, saya bersedia
mempertanggungjawabkannya.
Metro, ...........................................
Kepala Sekolah
NIP...................................................
0 Response to "Instrumen Penilaian Pembelajaran Oleh Kepala Sekolah "
Post a Comment